PENGARUH STRATEGI GUIDED DISCOVERY DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI CARA MANUSIA DALAM MEMELIHARA DAN MELESTARIKAN ALAM DI LINGKUNGAN SEKITAR SISWA KELAS III SD 2014/2015
Author (Penulis)
NANDA PURWANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0229
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional sehingga kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam karena guru belum menggunakan strategi maupun media pembelajaran yang menarik siswa sesuai dengan materi yang diajarkan. Guru hanya mengandalkan buku pegangannya hal inilah yang membuat minat dan motivasi belajar siswa menjadi berkurang, padahal pembelajaran IPA akan lebih menarik jika dilakukan dengan proses penemuan.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar menggunakan metode konvensional siswa kelas III SD 2014/2015? (2) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar menggunakan strategi guided discovery dengan media visual siswa kelas III SD 2014/2015? (3) Adakah pengaruh strategi guided discovery dengan media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar siswa kelas III SD 2014/2015?
Berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan peneliti dengan menggunakan uji-t, diperoleh hasil bahwa nilai th sebesar 3,23. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa th lebih besar dari tt yaitu ( taraf signifikan 1% = 2.682 dan 5% = 2.011 ) maka dengan demikian dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Karena Ha diterima dan Ho ditolak berarti ada pengaruh yang sangat signifikan penggunaan strategi guided discovery dengan media visual pada siswa kelas III SD 2014/2015”.