PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENJELASKAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI PADA SISWA KELAS IV SDN I MIRIGAMBAR KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG 2015/ 2016


Author (Penulis)

MOHAMAD BILL FAQIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0227

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI PADA SISWA KELAS IV SDN I MIRIGAMBAR KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG 2015/ 2016 Mohamad Bill Faqih 11.1.01.10.0227 FKIP - PGSD Cagur_barokah@ymail.com Drs. Heru Budiono, M.Pd dan Dr. Subardi Agan, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi model pembelajaran konvensional dengan dominasi peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat dari motivasi belajar siswa yang rendah dan pada akhirnya hasil belajar rendah pula. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan menjelaskan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi tanpa menggunakan model pembelajaran NHT Kelas IV SDN 1 Mirigambar tahun ajaran 2015/ 2016? (2) Bagaimanakah kemampuan menjelaskan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi dengan menggunakan model pembelajaran NHT Kelas IV SDN 1 Mirigambar tahun ajaran 2015/ 2016? (3) Adakah pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran NHT terhadap kemampuan menjelaskan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi Kelas IV SDN 1 Mirigambar tahun ajaran 2015/ 2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian dengan 2 kelas yaitu kelas IV SDN 1 Mirigambar dan SDN 3 Sambirobyong, penelitian dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Menggunakan instrumen berupa RPP, dan test belajar siswa.Dari hasil penelitian didapatkan ada pengaruh model pembelajaran NHT terhadap siswa dalam menjelaskan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi kelas IV SDN 1 Mirigambar. Hal ini dapat diketahui mendapat nilai > 70 yaitu 34%, 13 siswa dari 28 siswa dan nilai rata-rata (Mean) adalah 75,45 dengan tanpa model, dan dengan model yang mendapat nilai > 70 yaitu 88.5%, 19 siswa dari 28 siswa dan nilai rata-rata (Mean) adalah 83,6. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV yang menggunakan model pembelajaran NHT dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model dibuktikan dari membandingkan t hitung dengan t tabel dan probabilitas diperoleh nilai t hitung (-5,641) < t tabel (-0,705) dan nilai p pada Sig. (2-tailed) yaitu 0,001 < 0,05, maka Ha diterima. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS khususnya perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi guru kelas seharusnya menggunakan model pembelajaran NHT untuk meningkatkan keberhasilan belajar siswa. Kata Kunci Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), kemampuan menjelaskan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI