PENERAPAN MODEL TSTS DIDUKUNG MEDIA AUDIOVISUAL DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN MELAKUKAN PENGAMATAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENJELASKAN BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN SISWA KELAS IV SDN MRICAN 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

MUFIDZATUL KHOIR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0226

Abstract

Abstrak Mufidzatul Khoir: Penerapan Model TSTS Didukung Media Audiovisual Dalam Kegiatan Pembelajaran Melakukan Pengamatan Terhadap Peningkatan Kemampuan Menjelaskan Bagian-Bagian Tumbuhan Siswa Kelas IV SDN Mrican 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014-2015. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Model pembelajaran, TSTS, media audiovisual, menjelaskan bagian-bagian tumbuhan. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran pada kurikulum 2013 bertujuan untuk menciptakan peserta didik yang berkualitas dan berkarakter yang tidak hanya berpusat pada guru, tetapi peserta didik diarahkan untuk menggali informasi dari berbagai sumber. Namun hal tersebut belum tepat sasaran. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa yang kurang memahami materi pelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menjelaskan bagian-bagian tumbuhan pada kegiatan pembelajaran melakukan pengamatan dengan menerapkan model TSTS didukung media audiovisual? (2) Bagaimana kemampuan menjelaskan bagian-bagian tumbuhan pada kegiatan pembelajaran melakukan pengamatan tanpa menerapkan model TSTS didukung media audiovisual? (3) Bagaimana penerapan model TSTS didukung media audiovisual dalam kegiatan pembelajaran melakukan pengamatan terhadap peningkatan kemampuan menjelaskan bagian-bagian tumbuhan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan obyek penelitian siswa kelas IV SDN Mrican 3 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yang berjumlah 46 siswa. Penelitian dengan menggunakan metode eksperimen desain tanpa kelompok pembanding yang dilakukan hanya terdapat satu kelompok dan menggunakan instrumen berupa perangkat pembelajaran yang didalamnya terdapat tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest dari 46 siswa yaitu 64,89 sedangkan hasil rata-rata nilai posttest yaitu 82,93. Berdasarkan taraf signifikan 5% dan db = N-1. Hasil angka signifikansi (2-tailed) 0.000 berarti lebih kecil dari 0.05 (0.000<0.05) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara kedua test (pretest dan posttest) yaitu lebih tinggi nilai posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model TSTS didukung media audiovisual dalam kegiatan pembelajaran melakukan pengamatan terhadap peningkatan kemampuan menjelaskan bagian-bagian tumbuhan siswa kelas IV SDN Mrican 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014-2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI