PENGARUH METODE DRILL DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGOPERASIKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN II WAJAK LOR TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

MUCHAMAD TANU W
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0225

Abstract

ABSTRAK Muchamad Tanu Wijaya: Pengaruh Metode Drill Didukung Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Mengoperasikan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN II Wajak Lor Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata – kata kunci : Drill, Media Tiga Dimensi, Operasikan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Latar belakang permasalahan penelitian ini yaitu menurunya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN II Wajak Lor Tulungagung. Menurunya hasil belajar siswa terlihat dari penyelesaian soal materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN II Wajak Lor dari 37 siswa hanya 23 siswa yang tuntas atau mendapat nilai diatas KKM yaitu 75. Hal ini karena guru kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk mengapresiasikan sendiri pengetahuan mereka, sehingga siswa sering lupa apa yang mereka dapat. Selain itu, kurangnya kreatifitasan guru pada proses pembelajaran, sehingga membuat siswa kurang aktif, kurang tertarik, dan merasa cepat bosan. Maka, perlu dilakukan tindakan untuk mengatasi permasalahan diatas dengan menggunakan metode pembelajaran Drill didukung media tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN II Wajak Lor pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN II Wajak Lor diajar tanpa metode drill didukung media tiga dimensi ? (2) Bagaimana kemampuan mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN II Wajak Lor diajar tanpa metode drill didukung media tiga dimensi ? (3) Adakah pengaruh kemampuan mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN II Wajak Lor ketika diajar dengan metode drill didukung media tiga dimensi? Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan sampel siswa kelas IV SDN II Wajak Lor yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis kuantitatif deskriptif. Implementasi dari metode ini adalah dengan memberikan pelatihan soal yang lebih kepada siswa dibantu dengan media kipas yang berisi soal. Kemudian dilanjutkan dengan penyelesaian soal hasil penelitian dari penyelesaian soal tes evaluasi diperoleh nilai rata – rata siswa kelas kelas IV B yaitu 74,6 dan siswa kelas IV A yaitu 91,5 , maka ada peningkatan pada hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan hasil belajar siswa meningkat dengan pembelajaran metode Drill didukung media tiga dimensi. Saran yang dapat ditujukan ke peneliti selanjutnya yang menggunakan metode Drill hendaknya menjelaskan lebih mendalam tentang pelaksanaan metode Drill agar siswa lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI