PENGARUH METODE DRILL DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGOPERASIKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN II WAJAK LOR TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
MUCHAMAD TANU W
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0225
Abstract
ABSTRAK
Muchamad Tanu Wijaya: Pengaruh Metode Drill Didukung Media Tiga
Dimensi Terhadap Kemampuan Mengoperasikan Penjumlahan dan Pengurangan
Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN II Wajak Lor Tahun Pelajaran 2014/2015,
Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata – kata kunci : Drill, Media Tiga Dimensi, Operasikan Penjumlahan dan
Pengurangan Bilangan Bulat
Latar belakang permasalahan penelitian ini yaitu menurunya hasil belajar
matematika siswa kelas IV SDN II Wajak Lor Tulungagung. Menurunya hasil
belajar siswa terlihat dari penyelesaian soal materi operasi penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN II Wajak Lor dari 37 siswa
hanya 23 siswa yang tuntas atau mendapat nilai diatas KKM yaitu 75. Hal ini
karena guru kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk mengapresiasikan
sendiri pengetahuan mereka, sehingga siswa sering lupa apa yang mereka dapat.
Selain itu, kurangnya kreatifitasan guru pada proses pembelajaran, sehingga
membuat siswa kurang aktif, kurang tertarik, dan merasa cepat bosan. Maka, perlu
dilakukan tindakan untuk mengatasi permasalahan diatas dengan menggunakan
metode pembelajaran Drill didukung media tiga dimensi untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IV SDN II Wajak Lor pada materi operasi penjumlahan
dan pengurangan bilangan bulat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan
mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV
SDN II Wajak Lor diajar tanpa metode drill didukung media tiga dimensi ?
(2) Bagaimana kemampuan mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat siswa kelas IV SDN II Wajak Lor diajar tanpa metode drill
didukung media tiga dimensi ? (3) Adakah pengaruh kemampuan
mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV
SDN II Wajak Lor ketika diajar dengan metode drill didukung media tiga
dimensi?
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan sampel
siswa kelas IV SDN II Wajak Lor yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan
data berupa tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis
kuantitatif deskriptif.
Implementasi dari metode ini adalah dengan memberikan pelatihan soal
yang lebih kepada siswa dibantu dengan media kipas yang berisi soal. Kemudian
dilanjutkan dengan penyelesaian soal hasil penelitian dari penyelesaian soal tes
evaluasi diperoleh nilai rata – rata siswa kelas kelas IV B yaitu 74,6 dan siswa
kelas IV A yaitu 91,5 , maka ada peningkatan pada hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan hasil belajar
siswa meningkat dengan pembelajaran metode Drill didukung media tiga dimensi.
Saran yang dapat ditujukan ke peneliti selanjutnya yang menggunakan metode
Drill hendaknya menjelaskan lebih mendalam tentang pelaksanaan metode Drill
agar siswa lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran.