PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DESIMAL SISWA KELAS V SDN BLIMBING KECAMATAN MOJO


Author (Penulis)

MOHAMMAD NURMAN FAUZI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0224

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah penjumlahan dan pengurangan desimal siswa kelas V SDN Blimbing. Subyek penelitian ini adalah 36 siswa yang terdiri dari 18 siswa untuk kelompok kontrol dan 18 siswa untuk kelompok eksperimen dengan siswa kelas V SDN Blimbing 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SDN Blimbing 1 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu 67,22. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 78,06. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test, diperoleh hasil analisis t-hitung = 2,867, dengan db/df = (Nx + Ny) – 2 = (18 + 18 ) – 2 = 34. Jadi nilai t-tabel df = 34 dengan taraf signifikan 5 % = 1,691.. Jadi berdasarkan hasil analisis di atas nilai t-hitung (2,867) > dari t-tabel (1,691). berarti Ha diterima Ho ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan memecahkan masalah penjumlahan dan pengurangan desimal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI