PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DESIMAL SISWA KELAS V SDN BLIMBING KECAMATAN MOJO
Author (Penulis)
MOHAMMAD NURMAN FAUZI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0224
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah penjumlahan dan pengurangan desimal siswa kelas V SDN Blimbing.
Subyek penelitian ini adalah 36 siswa yang terdiri dari 18 siswa untuk kelompok kontrol dan 18 siswa untuk kelompok eksperimen dengan siswa kelas V SDN Blimbing 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SDN Blimbing 1 sebagai kelompok kontrol.
Hasil penelitian yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu 67,22. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 78,06. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test, diperoleh hasil analisis t-hitung = 2,867, dengan db/df = (Nx + Ny) – 2 = (18 + 18 ) – 2 = 34. Jadi nilai t-tabel df = 34 dengan taraf signifikan 5 % = 1,691.. Jadi berdasarkan hasil analisis di atas nilai t-hitung (2,867) > dari t-tabel (1,691). berarti Ha diterima Ho ditolak.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan memecahkan masalah penjumlahan dan pengurangan desimal.