PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA KELAS IV DALAM MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DI SDN SUKORAME 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
MOHAMMAD KHOLIS BAHRONI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0223
Abstract
PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA KELAS IV DALAM MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DI SDN SUKORAME 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015-2016
MOHAMMAD KHOLIS BAHRONI
11.1.01.10.0223
FKIP - PGSD
Mbaheroni@yahoo.co.id/mbaheroni@gmail.com
Drs. Samijo, M. Pd dan Abdul Aziz Hunaifi, S.S., M.A
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini didasari oleh hasil pengamatan kegiatan pembelajaran di SDN Gayam 1 terutama pada materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya. Dari hasil tersebut ditemukan bahwa kemampuan siswa masih cenderung berada di bawah KKM. Hal ini disebabkan inovasi model pembelajaran dan penggunaan media dalam pembelajaran belum dilaksanakan secara maksimal.
Permasalahan dalam peneliti ini adalah (1) Bagaimana penggunaan model Group Investigation terhadap kemampuan memahami golongan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV? (2) Bagaimana penggunaan model Group Investigation menggunakan media visual terhadap kemampuan memahami golongan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV? (3) Apakah terdapat perbedaan antara yang telah diajar dengan menggunakan model Group Investigation dengan menggunakan model Group Investigation menggunakan media visual terhadap kemampuan memahami golongan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV?.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Sukorame 3 Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan pada satu kelas yaitu kelas IV SDN Sukorame 3 kota Kediri. Kelas tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama sebagai kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran Group Investigation dan kelompok kedua sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Group Investigation dibantu media visual. Pengumpulan data menggunakan tes tulis dengan analisis data menggunakan uji t-tes.
Berdasarkan hasil analis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya di SDN Sukorame 3 kota Kediri, terbukti dengan hasil thitung = 5,188 > ttabel 5% = 2.086 ; (2) Penggunaan model pembelajaran Group Investigation dibantu media visual berpengaruh terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya di SDN Sukorame 3 kota Kediri, terbukti dengan hasil thitung = 11,915 > ttabel 5% = 2.086 ; (3) Ada perbedaan pengaruh dengan penggunaan model pembelajaran Group Investigation dibanding model pembelajaran Group Investigation dibantu media visual terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya di SDN Sukorame 3 kota Kediri, dengan hasil perhitungan thitung = 4,545 > ttabel 5% = 2.021 dengan keunggulan pada penggunaan model pembelajaran Group Investigation dibantu media visual.
Kata Kunci : model pembelajaran group investigation, media visual, menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.