PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA VISUAL DALAM MENJELASKAN HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN KELAS IV KEC. PUNCU


Author (Penulis)

MOHAMMAD JAMHARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0222

Abstract

ABSTRAK Mohammad Jamhari : Pengaruh Model Pembelajaran Grup Investigation dengan Media Visual dalam Menjelaskan Hubungan Sumber Daya Alam dengan Lingkungan Kelas IV SDN Kec. Puncu Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation, Manfaat Sumber Daya Alam dengan Lingkungan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan didominasi pada peran Guru.Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Permasalahan penelitian ini nampak dari kesulitan siswa dalam penguasaan materi sehingga untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan upaya guru dapat menggunakan/ menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan materi salah satunya dengan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui kegunaan sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN Kec. Puncu sebelum menggunakan model pembelajaran Group Ivestigation 2). Untuk mengetahui kemampuan siswa menjelaskan sumber daya alam terhadap lingkungan kelas IV SDN Kec.Puncu menggunakan model Group Investigation 3). Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan manfaat sumber daya alam terhadap lingkungan pada siswa kelas 1 SDN Kec. Puncu. Hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas IV SDN Puncu dengan jumlah 35 siswa. Sebelum menggunakan model pembelajaran Group Investigation adalah 70,57%, sebanyak 10 siswa (29,43%) yang belum tuntas atau belum mencapai kriteria ketuntasan, sedangkan sesudah menggunakan model pembelajaran Group Investigation(85,14%), sebanyak 5 siswa (14,86%) yang belum tuntas atau belum mencapai kriteria ketuntasan. Dengan melihat pada nilai rata-rata siswa, nilai siswa mengalami peningkatan.Disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation ini dapat meningkatkan kemampuan menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Puncu 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Puncu. Untuk itu hendaknya para guru lebih kreatif dalam memilih model pembelajaran dan hendaknya bisa meminimalisir kelemahan atau kekurangan dari model pembelajaran yang telah dipilih demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI