PENGARUH METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA 3D TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI YANG TERDAPAT DI LINGKUNGAN SEKITAR SERTA SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS IV SDN KENCONG I KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
MOH. AFIAN EKO NUGROHO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0219
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran IPA metode belajar yang digunakan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung adalah ceramah dan penugasan. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang antusis dalam mengikuti pelajaran dan cenderung tidak memperhatikan. Solusi untuk mengatasi hasil belajar tersebut yaitu dengan menggunakan metode eksperimen dengan bantuan media 3D.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di Lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya dengan metode eksperimen dan media 3D pada siswa kelas IV SDN Kencong I. (2) untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di Lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya dengan metode ceramah pada siswa kelas IV SDN Kencong I. (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode ekperimen dengan menggunakan media 3D terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di Lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya dalam suatu materi pelajaran pada siswa kelas IV SDN Kencong I.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Posttest Only Control Group Design, dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian diambil siswa-siswi kelas IV-A SDN Kencong I sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dan siswa-siswi kelas IV-B SDN Kencong I sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan instrument berupa perangkat pembelajaran, tes dan teknik analisis yang digunakan adalah t-test.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya dengan metode eksperimen dan media 3D pada siswa kelas IV SDN Kencong I, tuntas. Karena nilai rata-rata posttest di atas KKM. (2) Kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya dengan metode ceramah pada siswa kelas IV SDN Kencong I, belum tuntas. Karena nilai rata-rata posttest di bawah KKM. (3) Ada pengaruh kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya dengan metode eksperimen dan media 3D pada siswa kelas IV SDN Kencong I. Hal ini dapat dibuktikan dari thitung 4,60?ttabel 2,009 pada taraf signifikan 5%.
Kata kunci: Metode Eksperimen, Media 3D, dan Hasil Belajar.