PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS IV SDN MRICAN 4 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
MOH. ZAINAL FANANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0218
Abstract
Abstrak
Mohammad Zainal Fanani: Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan pada Siswa Kelas IV SDN Mrican 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015-2016.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti di SDN Mrican 4 yang menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV pada semester 1 SDN Mrican 4 cenderung rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran IPA yang selama ini dilaksanakan hanya berpusat pada guru. Guru mendominasi pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran menjadi membosankan.
Permasalahan peneliti ini adalah: (1) Apakah penggunaan strategi pembelajaran konvensional berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada siswa kelas IV SDN Mrican 4 Kota Kediri? (2) Apakah penggunaan strategi pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada siswa kelas IV SDN Mrican 4 Kota Kediri? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara penggunaan strategi pembelajaran konvensional dibanding strategi pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada siswa kelas IV SDN Mrican 4 Kota Kediri?
Penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subyek penelitiannya siswa kelas IV SDN Mrican 4 Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV B SDN Mrican 4 sebagai kelas kontrol dengan penyampaian strategi pembelajaran konvensional dan kelas IV A SDN Mrican 4 sebagai kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran kontekstual dan menggunakan analisis data menggunakan t-tes. Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan yaitu menggunakan tes. Dari analisis data yang telah dilakukan, untuk kelas IV B SDN Mrican 4 (kelas kontrol) dengan strategi pembelajaran konvensional sedangkan untuk kelas IV A SDN Mrican 4 (kelas eksperimen) dengan strategi pembelajaran kontekstual.
Berdasarkan hasil analis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan strategi pembelajaran konvensional berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup pada siswa kelas IV SDN Mrican 4 Kota Kediri, terbukti dengan hasil th = 6,004 > tt 1% = 2,831 (dengan ketuntasan sebesar 50%); (2) Penggunaan strategi pembelajaran kontekstual sangat berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada siswa kelas IV SDN Mrican 4 Kota Kediri, terbukti dengan hasil th = 13,323 > tt 1% = 2,831 (dengan ketuntasan sebesar 86,37%); (3) Ada perbedaan pengaruh antara strategi pembelajaran konvensional dibanding strategi pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada siswa kelas IV SDN Mrican 4 Kota Kediri, dengan hasil perhitungan th = 4,228 > tt 1% = 2,698 dengan keunggulan pada penggunaan strategi pembelajaran kontekstual (X ? KK 50,00< X ? KE 86,37).