PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTEND INDIVIDUALIZATION TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS 5 SDN PELAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

MOHAMMAD IRFA'NA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0217

Abstract

ABSTRAK Moh. Irfa’na : Pengaruh Metode Pembelajaran Team Assistend Individualization Terhadap Kemampuan Menjelaskan Pesawat Sederhana Siswa Kelas 5 SDN Pelas Kabupaten Kediri Tahun 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2015. Kata kunci : Metode Team Assistend Individualization, Kemampuan menjelaskan, Pesawat sederhana Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi yang dilakukan peneliti pada siswa dan diskusi dengan guru kelas, bahwa aktivitas pembelajaran IPA masih menggunakan aktivitas klasikal, yaitu guru hanya menjelaskan materi kepada siswa. Proses pembelajaran diselingi dengan kegiatan tanya jawab tentang materi dan mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan tujuan agar siswa aktif, namun siswa yang aktif hanyalah beberapa siswa yang memang memiliki peringkat baik di kelas, sedangkan siswa yang lain hanya diam dan mendengarkan. Permasalahan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kemampuan menjelaskan pesawat sederhana sebelum menggunakan metode pembelajaran Team Assistend Individualization (TAI) pada siswa kelas V SDN Pelas Kabupaten Kediri? (2) Bagaimana kemampuan menjelaskan pesawat sederhana sesudah menggunakan metode pembelajaran Team Assistend Individualization (TAI) pada siswa kelas V SDN Pelas Kabupaten Kediri? (3) Adakah pengaruh metode pembelajaran Team Assistend Individualization (TAI) terhadap kemampuan menjelaskan pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN Pelas Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design, dalam desain ini akan ada suatu kelompok yang dipilih. Pada penelitian ini suatu kelompok diberi pretest. Kemudian kelompok tersebut diberi treatmen dengan menggunakan metode pembelajaran Team Assistend Individualization. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pelas yang berjumlah 27 siswa. Parameter yang diukur adalah kemampuan menjelaskan pesawat sederhana, yang diukur dengan tes hasil belajar. Hasil penelitian sebelum menggunakan metode TAI pada siswa materi pesawat sederhana dari 27 siswa diperoleh nilai rata-rata kelas (mean) 56,48 dengan nilai maksimum 80 dan minimum 40 dan Pada penelitian sesudah menggunakan metode TAI pada materi pesawat sederhana dari 27 siswa di dapat rata-rata kelas (mean) 82,59 dengan nilai maksimum 95 dan minimum 70. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah menggunakan metode TAI, jika dilihat dari rata-rata kelas di dapat hasil yang berbeda, bahwa sesudah menggunakan metode TAI mendapatkan nilai rata-rata diatas sebelum menggunakan metode TAI. Selain itu berdasarkan hasil analisis uji-t dengan menggunakan Paired Sample Test, sig.2-tailed 0,000, maka 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menjelaskan pesawat sederhana sebelum menggunakan metode TAI pada siswa kelas V SDN Pelas Kabupaten Kediri dinyatakan kurang mampu, dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas (mean) 56,48. (2) Kemampuan menjelaskan pesawat sederhana sesudah menggunakan metode TAI pada siswa kelas V SDN Pelas Kabupaten Kediri dinyatakan tinggi, dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas (mean) 82,59. (3) Terdapat pengaruh metode TAI terhadap kemampuan menjelaskan pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN Pelas Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI