PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC ) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS SIMBIOSIS DAN HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS IV SDN BANJARAN KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MOCHAMMAD ARY ANSHORI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0216

Abstract

Abstrak Mochammad Ary Anshori: Pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Jenis Simbiosis dan Hubungan antar Makhluk Hidup pada Siswa Kelas IV SDN Banjaran Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Kemampuan Mengidentifikasi Jenis Simbiosis dan Hubungan antar Makhluk Hidup Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti di SDN Banjaran 2 yang menunjukkan bahwa kemampuan mengidentifikasi jenis simbiosis dan hubungan antar makhluk hidup pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV pada semester 1 SDN Banjaran 2 cenderung rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran IPA yang selama ini dilaksanakan hanya berpusat pada guru. Guru mendominasi pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran menjadi membosankan. Permasalahan peneliti ini adalah: (1) Apakah metode konvensional berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis simbiosis dan hubungan antar makhluk hidup pada siswa kelas IV SDN Banjaran Kota Kediri? (2) Apakah metode cooperative integrated reading and compotition (CIRC) berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis simbiosis dan hubungan antar makhluk hidup pada siswa kelas IV SDN Banjaran Kota Kediri? (3) Adakah perbedaan pengaruh metode konvensional dibanding metode cooperative integrated reading and compotition (CIRC) berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis simbiosis dan hubungan antar makhluk hidup pada siswa kelas IV SDN Banjaran Kota Kediri? Penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subyek penelitiannya siswa kelas IV SDN Banjaran 2 Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV SDN Banjaran 1 sebagai kelas kontrol dengan penyampaian metode konvensional dan kelas IV SDN Banjaran 2 sebagai kelas eksperimen dengan metode CIRC dan menggunakan analisis data menggunakan t-tes. Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kemampuan mengidentifikasi jenis simbiosis dan hubungan antar makhluk hidup yaitu menggunakan tes. Dari analisis data yang telah dilakukan, untuk kelas IV SDN Banjaran 1 (kelas kontrol) dengan metode konvensional sedangkan untuk kelas IV SDN Banjaran 2 (kelas eksperimen) dengan metode CIRC. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode konvensional kurang berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis simbiosis dan hubungan antar makhluk hidup pada siswa kelas IV SDN Banjaran 1 Kota Kediri, terbukti dengan hasil th = 6,878 > tt 1% = 2,728 (dengan ketuntasan sebesar 10,1%); (2) Penggunaan metode pembelajaran CIRC sangat berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis simbiosis dan hubungan antar makhluk hidup pada siswa kelas IV SDN Banjaran 2 Kota Kediri, terbukti dengan hasil th = 14,732 > tt 1% = 2,728 (dengan ketuntasan sebesar 82,6%); (3) Ada perbedaan pengaruh antara metode konvensional dibanding metode CIRC terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis simbiosis dan hubungan antar makhluk hidup pada siswa kelas IV SDN Banjaran 1 dan 2 Kota Kediri, dengan hasil perhitungan th = 8,367 > tt 1% = 2,650 dengan keunggulan pada penggunaan metode CIRC (X ? KK 59,00< X ? KE 85,00).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI