PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DI LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK SISWA KELAS III SDN BANJARAN 1 TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

MOCH. SOLICHIN LUTFI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0215

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa terhadap pengetahuan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar tanpa strategi pembelajaran kontekstual. (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa terhadap pengetahuan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar dengan diterapkan strategi pembelajaran kontekstual. (3) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran Konvensional. (4) Untuk mengetahui kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan strategi pembelajaran kontekstual. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa kelas III SDN banjaran II masih rendah dengan diterapkan metode pembelajaran konvensional, dapat dilihat dari ketuntasan nilai nilai KKM 65 hanya 6 siswa mendapat nilai diatas KKM dan 28 siswa mendapat nilai dibawah KKM. (2) Hasil belajar siswa kelas III SDN banjaran I sudah baik dengan diterapkan Strategi pembelajaran kontekstual, dapat dilihat dari ketuntasan nilai KKM 65 sebanyak 21 siswa mendapat nilai diatas KKM dan 24 siswa mendapat nilai dibawah KKM. (3) Ada perbedaan prestasi belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran kontekstual dengan metode konvensional. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisa data t hitung ditemukan sebesar 3.677, t tabel dengan taraf signifikan 5% adalah sebesar 2.641, disimpulkan t hitung > t tabel. artinya “ (Ho) ditolak, dan (H1) diterima. kesimpulannya ada pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan mendiskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar untuk siswa kelas III SDN Banjaran 1 tahun ajaran 2014/2015 (4) Kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan strategi pembelajaran kontekstual dilihat dari analisis sudah dilaksanakan dengan baik mencapai 81 %.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI