PENGARUH MODEL CONNECTED DIDUKUNG MEDIA FOTOGRAFI DALAM KEGIATAN MENGAPLIKASIKAN TEKNOLOGI SEDERHANA TERHADAP PENGETAHUAN PENGOLAHAN SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SD PAWYATAN DAHA


Author (Penulis)

MIA SEPTIARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0214

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pengajaran IPA pada siswa sekolah dasar untuk memperkenalkan ilmu pengetahuan alam dalam kehidupan sehari-hari. Namun terdapat hal yang menjadi kendala yaitu keterbatasan model serta media dalam menyampaikan pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model connected didukung media fotografi dalam kegiatan mengaplikasikan teknologi sederhana terhadap pengetahuan pengolahan sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Pawyatan Daha. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Pawyatan Daha 1 dan siswa kelas IV SD Pawyatan Daha 2. Penelitian ini menggunakan instrument pembelajaran lengkap dan tes berupa post-test. Dari analisis data, diperoleh kesimpulan (1) Siswa kelas IV SD Pawyatan Daha 2 yang melakukan pembelajaran tanpa menggunakan model connected dengan media fotografi memiliki pengetahuan pengolahan sumber daya alam yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa kelas IV SD Pawyatan Daha 1 yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan model connected dengan media fotografi. Hal ini dapat dilihat dari data perolehan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol sebesar 76 sedangkan kelas eksperimen sebesar 88. (2) Dari Uji Wald-Wolfowitz yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model connected dengan media fotografi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan pengolahan sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Pawyatan Daha 1. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah guru diharapkan untuk menggunakan model pembelajaran connected dengan media fotografi pada materi pengolahan sumber daya alam atau materi yang sejenis. Karena model pembelajaran connected dengan media fotografi tersebut dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dengan mudah kepada siswa, sehingga siswa akan lebih memahami apa yang disampaikan oleh guru.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI