PENGARUH MODEL CONNECTED DIDUKUNG MEDIA FOTOGRAFI DALAM KEGIATAN MENGAPLIKASIKAN TEKNOLOGI SEDERHANA TERHADAP PENGETAHUAN PENGOLAHAN SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SD PAWYATAN DAHA
Author (Penulis)
MIA SEPTIARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0214
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pengajaran IPA pada siswa sekolah dasar untuk memperkenalkan
ilmu pengetahuan alam dalam kehidupan sehari-hari. Namun terdapat hal yang menjadi kendala yaitu
keterbatasan model serta media dalam menyampaikan pelajaran IPA.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model connected didukung
media fotografi dalam kegiatan mengaplikasikan teknologi sederhana terhadap pengetahuan
pengolahan sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Pawyatan Daha.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD
Pawyatan Daha 1 dan siswa kelas IV SD Pawyatan Daha 2. Penelitian ini menggunakan instrument
pembelajaran lengkap dan tes berupa post-test.
Dari analisis data, diperoleh kesimpulan (1) Siswa kelas IV SD Pawyatan Daha 2 yang
melakukan pembelajaran tanpa menggunakan model connected dengan media fotografi memiliki
pengetahuan pengolahan sumber daya alam yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa kelas IV
SD Pawyatan Daha 1 yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan model connected dengan
media fotografi. Hal ini dapat dilihat dari data perolehan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol
sebesar 76 sedangkan kelas eksperimen sebesar 88. (2) Dari Uji Wald-Wolfowitz yang dilakukan
dapat disimpulkan bahwa penggunaan model connected dengan media fotografi memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap pengetahuan pengolahan sumber daya alam pada siswa kelas IV SD
Pawyatan Daha 1.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan, maka saran yang dapat peneliti berikan
adalah guru diharapkan untuk menggunakan model pembelajaran connected dengan media fotografi
pada materi pengolahan sumber daya alam atau materi yang sejenis. Karena model pembelajaran
connected dengan media fotografi tersebut dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dengan
mudah kepada siswa, sehingga siswa akan lebih memahami apa yang disampaikan oleh guru.