PENGARUH STRATEGI GUIDED DISCOVERY DENGAN MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT - SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN 2 PULEREJO TAHUN PELAJARAN 2014 2015


Author (Penulis)

MEI LISA INTANIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0211

Abstract

ABSTRAK Mei Lisa Intania: Pengaruh Strategi Guided Discovery Dengan Media Benda Nyata Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan sifat – sifat cahaya Siswa Kelas V SDN 2 Pulerejo Tahun Pelajaran 2014/2015, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: Strategi Guided Discovery, sifat – sifat cahaya, hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional sehingga kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari sifat – sifat cahaya karena guru belum menggunakan strategi maupun media pembelajaran yang menarik siswa sesuai dengan materi yang diajarkan. Guru hanya mengandalkan buku pegangannya hal inilah yang membuat minat dan motivasi belajar siswa menjadi berkurang, padahal pembelajaran IPA akan lebih menarik jika dilakukan dengan proses penemuan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan sifat – sifat cahaya pada siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran ceramah? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan sifat – sifat cahaya pada siswa kelas V SDN 2 Pulerejo dengan menggunakan strategi guided discovery dengan media benda nyata? (3) Adakah pengaruh strategi guided discovery dengan menggunakan media benda nyata terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat – sifat cahaya pada siswa kelas V tahun pelajaran 2014/2015 ? Berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan peneliti dengan menggunakan uji-t, diperoleh hasil bahwa nilai th sebesar 3.04. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa th lebih besar dari tt yaitu ( taraf signifikan 1% = 2. 712 dan 5% = 2.024 ) maka dengan demikian dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Karena Ha diterima dan Ho ditolak berarti ada pengaruh yang sangat signifikan penggunaan strategi guided discovery dengan media benda nyata pada siswa kelas V SDN 2 Pulerejo tahun pelajaran 2014/2015”.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI