PENGARUH MODEL THINK-PAIR-SHARE DENGAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN BERBAGAI ENERGI ALTERNATIF DAN CARA PENGGUNAANNYA SISWA KELAS IV SD ISLAM AL-FIRDAUS TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
MEGA APRILLIA DAMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0208
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti di SD Islam Al-Firdaus, bahwa
guru di SD Islam Al-Firdaus masih belum mengembangkan metode dan model pembelajaran. hal ini
dibuktikan maih didominasinya model teacher centre dan metode ceramah sehingga aktivitas siswa
dalam mengikuti proses pembelajaran tampak pasif dan kurang antusias. Salah satu upaya untuk
mengatasi masalah tersebut adalah guru bisa menerapkan model think-pair-share dengan metode tanya
jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kuantitatif dengan rancangan Penelitian
Eksperiment dengan desain True Eksprimental Design: posttest-only control design. Berdasarkan
analisis data diperoleh hasil analisis uji-t dengan menggunakan Independent t test didapat sig.2-tailed
0,011, maka 0,011 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Dapat disimpulkan ada pengaruh model think-pairshare
dengan metode tanya jawab terhadap kemampuan menjelaskan berbagai energy alternatif dan
cara penggunaannya siswa kelas IV SD Islam Al-Firdaus tahun 2014/2015.