PENGARUH MODEL THINK-PAIR-SHARE DENGAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN BERBAGAI ENERGI ALTERNATIF DAN CARA PENGGUNAANNYA SISWA KELAS IV SD ISLAM AL-FIRDAUS TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

MEGA APRILLIA DAMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0208

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti di SD Islam Al-Firdaus, bahwa guru di SD Islam Al-Firdaus masih belum mengembangkan metode dan model pembelajaran. hal ini dibuktikan maih didominasinya model teacher centre dan metode ceramah sehingga aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran tampak pasif dan kurang antusias. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah guru bisa menerapkan model think-pair-share dengan metode tanya jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kuantitatif dengan rancangan Penelitian Eksperiment dengan desain True Eksprimental Design: posttest-only control design. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil analisis uji-t dengan menggunakan Independent t test didapat sig.2-tailed 0,011, maka 0,011 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Dapat disimpulkan ada pengaruh model think-pairshare dengan metode tanya jawab terhadap kemampuan menjelaskan berbagai energy alternatif dan cara penggunaannya siswa kelas IV SD Islam Al-Firdaus tahun 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI