PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA AWAN DAN CUACA PADA SISWA KELAS III DI SD SUKORAME KOTA KEDIRI.


Author (Penulis)

MAZIZAH NUR FITRIYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0207

Abstract

ABSTRAK MAZIZAH NURFITRIYA, PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA AWAN DAN CUACA PADA SISWA KELAS III DI SDN SUKORAME 3 KOTA KEDIRI, SKRIPSI, PGSD, FKIP, UNP KEDIRI, 2015 Kata kunci : Media Audio-visual,Model Pembelajaran Quantum Learnin, Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan antara Awan dan Cuaca. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan penulis di SDN Sukorame Kota Kediri yang menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan hubungan antara awan daan cuaca pada mata pelajaran IPA siswa kelas III pada semester II SDN Sukorame cenderung berpusat pada guru. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa mendeskripsikan hubungan antara awan dan cuaca tanpa menggunakan Model Quantum Learning tanpa media Audio-Visual pada kelas III di SDN Sukorame 3 Kota Kediri ? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan hubungan antara awan dan cuaca menggunakan Model Quantum Learning dengan media audio-visual pada kelas 3 SDN Sukorame 3 Kota Kediri ? (3) Seberapa signifikan pengaruh media audio-visual dalam mdel pembelajaran Quantum Learning terhadap men-deskripsikan hubungan antara awan dan cuaca pada siswa kelas III SDN Sukorame 3 Kota Kediri ? Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian Intact-Group Comparison dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subjek penelitian siswa kelas 3 SDN Sukorame 3 Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan pada satu kelas yaitu siswa kelas 3 memiliki 43 siswa. Pada kelas 3 dibagi menjadi 2 kelompok, sebagai kelas kontrol ada 21 siswa tanpa model pembelajaran quantum learning tanpa menggunakan media audio-visual dan sebagai kelas eksperimen ada 22 siswa dengan model pembelajaran quantum learning dengan didukung media audio-visual terhadapan kemampuan mendeskripsikan hubungan antara awan dan cuaca menggunakan analisis data t-hitung. Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kemampuan mendeskripsikan hubungan antara awan dan cuaca yaitu dengan tes. Dari analisis yang telah dilakukan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 64 sedangkan untuk kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 80. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Kemampuan siswa meningkat meskipun tanpa menggunakan model pembelajaran alam sekitar yakni dengan metode ceramah (2) Kemampuan siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran quantum learning dengan didukung media audio-visual terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara awan dan cuaca (3) Media Audio-Visual didukung model pembelajaran Quantum Learning meningkatkan nilai rata-rata siswa dalam mendeskripsikan hubungan antara awan dan cuaca bagi kelas 3.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI