PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DIDUKUNG MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA KEGIATAN BEREKSPLORASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI GAYA DAN GERAK SISWA KELAS IV SDN DOKO TAHUN AJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
MAULIDYA EKA ANDRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0205
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan mengidentifikasi gaya dan gerak menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat digunakan yaitu strategi pembelajaran inkuiri.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Apakah kemampuan mengidentifikasi gaya dan gerak siswa kelas IV SDN Doko tahun ajaran 2014/2015 sudah mencapai KKM sebelum menerapkan strategi pembelajaran inkuiri didukung media permainan ular tangga? (2) Apakah kemampuan mengidentifikasi gaya dan gerak siswa kelas IV SDN Doko tahun ajaran 2014/2015 sudah mencapai KKM setelah menerapkan strategi pembelajaran inkuiri didukung media permainan ular tangga ? (3) Adakah pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri didukung media permainan ular tangga pada kegiatan bereksplorasi terhadap kemampuan mengidentifikasi gaya dan gerak siswa kelas IV SDN Doko tahun ajaran 2014/2015 ?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian One-group pretest-posttest design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas IV SDN Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilakukan pada satu kelas tanpa kelompok pembanding dengan analisis mean, JP, dan Uji t.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengidentifikasi gaya dan gerak pada siswa kelas IV SDN Doko tahun ajaran 2014/2015 sebelum menerapkan strategi pembelajaran inkuiri didukung media permainan ular tangga cenderung rendah dengan ketuntasan klasikal 32,96%. (2) Kemampuan mengidentifikasi gaya dan gerak pada siswa kelas IV SDN Doko tahun ajaran 2014/2015 setelah menerapkan strategi pembelajaran inkuiri didukung media permainan ular tangga cenderung meningkat dengan ketuntasan klasikal 87,40%. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan antara sebelum dan setelah menerapkan strategi pembelajaran inkuiri didukung media permainan ular tangga terhadap kemampuan mengidentifikasi gaya dan gerak pada siswa kelas IV SDN Doko tahun ajaran 2014/2015.Hal ini terbukti dari nilai t_h= 12,851 > t_(t_(1%) ) = 2,779. Hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata post-test (82,59) > nilai rata-rata pretest (63,70).
Kata Kunci
Strategi Pembelajaran Inkuiri, Media Permainan Ular Tangga, Mengidentifikasi Gaya dan Gerak.