PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL PENTINGNYA KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SISWA KELAS IV SDN NGADI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MARTHA KRISYUDIA NANTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0204

Abstract

ABSTRAK MARTHA KRISYUDIA NANTARI : Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Pentingnya Koperasi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Siswa Kelas IV Di SDN Ngadi Tahun Ajaran 2015 /2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci : Model PBL, pembelajaran IPS. Dari hasil analisis saat ini guru di Sekolah Dasar Negeri masih belum mengembangkan model pembelajaran dan masih cenderung menggunakan model teacher centre, dimana seorang guru yang lebih banyak bicara, dan dibuktikan masih didominasinya metode tradisional, yaitu metode ceramah sehingga aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran tampak pasif dan kurang antusias mengikuti pembelajaran dan masih kurangnya kerjasama dalam mencari solusi terhadap masalah-masalah yang ditemukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester 2 SDN Ngadi Kabupaten Kediri.. Teknik penelitian ini dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, sedangkan instrumennya berupa soal pilihan ganda dan soal uraian yang masing – masing berjumlah 10 soal. Adapun untuk analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 16 menunjukkan bahwa nilai t-hitung (10.191) > nilai t-tabel (2.093) dan nilai rata-rata kelas 83,65 > 70 (KKM) mata pelajaran IPS. Artinya ada pengaruh yang signifikan penerapan model PBL terhadap kemampuan mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan kasyarakat siswa kelas IV di SDN Ngadi tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis tersebut, data dapat disimpulkan bahwa, (1) siswa kelas IV SDN Ngadi Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016 mampu dalam memahami mata pelajaran IPS khususnya pada materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat; (2) Ada pengaruh yang signifikan penerapan model PBL terhadap mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat siswa kelas IV SDN Ngadi Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI