PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA KEGIATAN MENGANALISIS SIKAP PEDULI LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP SISWA KELAS III SDN I POJOK NGANTRU


Author (Penulis)

M. TONI FIRMANSHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0201

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa di SDN I Pojok Kec.Ngantru dapat merubah sikap tentang peduli terhadap lingkungan. Hal ini dikarenakan pembelajaran di kelas masih didominasi oleh guru,dan kurang bervariasinya metode maupun model pembelajaran yang diterapkan guru di dalam kelas. Akibatnya banyak siswa cenderung cuek tanpa ada perubahan sikap terhadap lingkungan. Untuk itu dibutuhkan model pembelajaran Example Non Example yang sesuai dengan materi pembelajaran tersebut agar siswa menjadi lebih aktif dan peduli terhadap linkungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menganalisis sikap peduli lingkungan sebelum diterapkannya model Example Non Example siswa kelas III SDN I Pojok tahun ajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model Example Non Example? (2) Bagaimana kemampuan menganalisis sikap peduli lingkungan sesudah diterapkannya model Example Non Example kelas III SDN I Pojok tahun ajaran 2014/2015 setelah menggunakan model Example Non Example? (3) Adakah pengaruh pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan menganalisis sikap peduli lingkungan sebelum diterapkannya model Example Non Example siswa kelas III SDN I Pojok tahun ajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pre-Experimental Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Pojok. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa skala sikap. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai t-hitung (-17.312) > t-tabel (0,396) dan nilai rata-rata kelas sebelum menggunakan model Example Non Example (60.9) < 67 (KKM), sedangkan rata-rata kelas setelah menggunakan model Example Non Example (87.2) > 67 (KKM). Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan menganalisis sikap peduli lingkungan siswa kelas III SDN I Pojok Ngantru. Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) menganalisis sikap peduli lingkungansiswa kelas III SDN I Pojok Ngantru sebelum menggunakan model Example Non Example dinyatakan kurang menguasai; (2) penguasaan terhadap kemampuan menganalisis sikap peduli lingkungan kelas III SDN I Pojok Ngantru setelah menggunakan model Example Non Example dinyatakan menguasai atau berhasil; dan (3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Example Non Example terhadap penguasaan menganalisis sikap peduli lingkungan siswa kelas III SDN Pojok Ngantru.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI