PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVINGTERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAMPAKPENGAMBILAN BAHAN ALAMTERHADAP PELESTARIAN LINGKUNGAN KELAS IV SDN MENANG KAB. KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

LUSI DWI ADITYASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0199

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat kegiatan belajar (KBM) dalam pembelajaran IPA khususnya yang dilakukan guru kebanyakan semua masih menggunakan model ceramah dengan tidak memanfaatkan media sebagai sumber belajar. Siswa dituntut untuk menghafal konsep dalam buku yang dilanjutkan dengan pemberian tugas untuk mengetahui sejauh mana siswa memahaminya. Hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa berdasarkan fakta yang terjadi, terdapat kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Kesenjangan dimaksud terutama pada aspek strategi pembelajaran. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan pada siswa kelas IV sebelum menggunakan model CPS? (2)Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan dampak pengambilan bahan alam terhadap lingkungan pada siswa kelas IV setelah menggunakan model CPS? (3)Adakah pengaruh model CPS Terhadap Kemampuan mendeskripsikan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan pada siswa kelas IV? Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solvingdengan subyek kelas eksperimen kelas IV SDN Menang dan untuk kelas kontrol kelas IV SDN Pagu 2, untuk kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional, rata-rata post-test siswa adalah 70,50. Sedangkan untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model Creative Problem Solvingrata-rata post-test siswa adalah 83,3. Berdasarkan perhitungan analisis data, maka didapat bahwa Sig.(2-tailed) 0,000 ? 0,05sehingga Ho ditolak. Jadi, kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh model pembelajaran CPS terhadap kemampuan mendeskripsikan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan pada siswa kelas IV SDN Menang. Peneliti menyarankan para pendidik, dapat membaca lebih banyak referensi mengenai model pembelajaran yang inovatif. Dengan demikian, pendidik mendapatkan gambaran yang tepat untuk lebih kreatif dalam mengolah pembelajaran dikelas, menjadikan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat menarik perhatian dan memotivasi siswa dalam belajar. Kata Kunci: Kemampuan mendeskripsikan dampak pengambilan bahan alam, materi dampak pengambilan bahan alam, model pembelajaran Creative Problem Solving(CPS)

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI