PENGARUH PENGGUNAAN MODEL STRUCTURED NUMBERED HEADS (SNH) DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MELAKUKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN TIGA ANGKA PADA SISWA KELAS III SDN SONOBEKEL 3


Author (Penulis)

LIYA SURYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0197

Abstract

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin dan pengembangan daya pikir manusia. Oleh karena itu, Matematika sangat diperlukan untuk kehidupan sehari-hari maupun menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads (SNH) yang diterapkan pada kelas Eksperimen dan model pembelajaran konvensional yang diterapkan pada kelas Kontrol. Model pembelajaran Structured Numbered Heads (SNH) tersebut memudahkan pembagian tugas dan memudahkan siswa belajar melaksanakan tanggung jawab individunya sebagai anggota kelompok, tiap anggota kelompok diberi nomor dan setiap nomor mendapat tugas yang berbeda sehingga siswa bisa membangun pemahamannya sendiri serta dapat meningkatkan hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen (model pembelajaran Structured Numbered Heads (SNH)) adalah sebesar 85. Untuk rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas kontrol (pembelajaran konvensial) adalah sebesar 67,2. Perbedaan antara hasil belajar tersebut dinyatakan taraf signifikan (uji t independent sample) yaitu nilai probabilitas < taraf signifikan yaitu probabilitas(0,000)

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI