PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN GOGORANTE KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
LIYA AGUS TRI IRAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0196
Abstract
ABSTRAK
Irawan, Liya Agus Tri. 2015. Pengaruh Model Think Pair Share Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SDN Gogorante Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan S1 PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang signifikan pada kemampuan mendeskripsikan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Gogorante Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model think pair share didukung media gambar dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model think pair share tanpa didukung media gambar.
Penelitian ini menggunakan tehnik penelitian eksperimen semu dengan desain Nonrandomized control group pretest-posttes desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang ada di SDN Gogorante Kabupaten Kediri yaitu kelas IV, yaitu kelas IVA dan IVB. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVa dan IVb SDN Gogorante dengan jumlah siswa kelas IVa (kelompok eksperimen) sebanyak 22 siswa dan IVb(kelompok kontrol) sebanyak 21 siswa dengan jumlah keseluruhan 43 siswa. Menggunakan pendekatan kuantitatif,
Teknik pengumpulan data berupa tes dengan menggunakan jenis penilaian tertulis yaitu soal uraian. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t dengan statistik deskriptif dan independent samples test. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model pembelajaran Think Pair Share didukung media gambar dibandingkan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share tanpa didukung media gambar thitung(6,734) > ttabel(2,704) dengan Db= 41 terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan dengan keunggulan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share didukung media gambar (Terbukti bahwa x ? Kelompok Eksperimen 78,75 >x ? Kelompok Kontrol 62,98
Kata kunci: Think Pair Share, Media gambar, Mendeskripsikan hubungan sumber daya alam dengan
lingkungan.