PENGARUH MODEL STAD TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PENYEBAB PERUBAHANLINGKUNGAN ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN SAMBIJAJAR 2 KEC. SUMBERGEMPOL KAB. TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

LINDA REVITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0195

Abstract

Abstrak Linda Revitasari : Pengaruh Model STAD Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Penyebab Perubahan Lingkungan Alam Pada Siswa Kelas IV SDN Sambijajar 2 Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar siswa dalam mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan alam rendah. Salah satu upaya mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model yang tepat digunakan yaitu model STAD. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti diajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) Apakah model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap kemampuan Mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan alam pada siswa kelas IVa SDN Sambijajar 2, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung? (2) Apakah model konvensional berpengaruh terhadap kemampuan Mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan alam pada siswa kelas IVb SDN Sambijajar 2, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh model STAD dibanding model konvensional terhadap kemampuan Mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan alam pada siswa kelas IV SDN Sambijajar 2, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung? Peneliti ini menggunakan tehnik penelitian Eksperimental dengan desain No nrandomized Control Group Pretest Posttest Design, Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sambijajar yaitu kelas IVa SDN Sambijajar (kelompok eksperimen) dan kelas IVb SDN Sambijajar (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data berupa tes dengan menggunakan jenis penilaian tertulis. Simpulan hasil penelitian adalah (1) Penggunaan model STAD berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan alam. Hal ini terbukti tingginya thitung=5,595 >ttabel yaitu 2,797 dengan ketuntasan klasikal tinggi yakni 92,4% (2) Penggunaan model konvensional berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan alam thitung=4,089 >ttabel= 2,797 namun demikian ketuntasan masih kurang dari 75% terhadap KKM yaitu 53,4% (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan anatara penggunaan model STAD dibanding model konvensional terhadap kemampuan mendeskripsikan penyebab perubahan lingkungan alamthitung= 4,037>ttabel= 2,704 dengan perbandingan XE>XK 82,64>70,32 Kata Kunci : Kooperatif, STAD, Mendeskripsikan Penyebab Perubahan Lingkungan Alam

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI