PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN MEDIA BENDA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

LINDA PUJI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0194

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan penulis di SDN Kabupaten Kediri yang menunjukkan bahwa kemampuan mendiskripsikan sifat-sifat cahaya pada mata pelajaran IPA siswa kelas V pada semester 2 SDN Kabupaten Kediri cenderung masih rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran IPA yang selama ini dilaksanakan cenderung berpusat pada guru. Guru mendominasi pembelajaran, pola interaksi dalam pembelajaran yang searah kurang memberi peluang kepada siswa untuk menggali sendiri pengetahuannya. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Apakah penggunaan model pembelajaran STAD dengan media benda konkrit berpengaruh terhadap kemampuan mendiskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V semester 2 SDN Kabupaten Kediri Tahun 2014/2015? (2) Apakah penggunaan model pembelajaran STAD tanpa media benda konkrit berpengaruh terhadap kemampuan mendiskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V semester 2 SDN Kabupaten Kediri Tahun 2014/2015? (3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran STAD dengan media benda konkrit dibanding dengan model pembelajaran STAD tanpa media terhadap kemampuan mendiskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V semester 2 SDN Kabupaten Kediri Tahun 2014/2015? Penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan desain penelitian Pretest-Postest Contol Group Desain dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subyek penelitiannya siswa kelas V SDN Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan pada dua sekolah yaitu SDN Gambyok 1 dan 2. Kelas V SDN Gambyok 1 sebagai kelas eksperimen. Dan kelas V SDN Gambyok 2 sebagai kelas kontrol. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : (1) dengan menggunakan model pembelajaran STAD didukung media benda konkrit siswa kelas V SDN Gambyok 1 Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015 dinyatakan cenderung tinggi. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan mencapai 75% perolehan nilai rata-rata kelas adalah lebih dari 75 nilai KKM yaitu 87,4. (2) dengan model STAD saja tanpa menggunakan media siswa kelas V SDN Gambyok 2 Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015 dinyatakan cenderung rendah dibanding menggunakan media. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan 60,4% siswa diatas KKM 75 dan dengan nilai rata-rata 75,6. (3) berdasarkan perolehan data yang telah dianalisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran STAD didukung media benda konkrit dari pada yang menggunakan model pembelajaran STAD tanpa media terhadap kemampuan siswa pada materi mendiskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Gambyok 1 dan SDN Gambyok 2 Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci : Model STAD ,media benda konkrit, Kemampuan Mendiskripsikan sifat-sifat cahaya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI