PENGARUH MODEL THINK PAIR AND SHARE DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN GONDANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

LINDA BAITUROHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0193

Abstract

Abstrak Linda Baiturohmah: Pengaruh Model Think Pair and Share dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Pecahan Siswa Kelas IV SDN Gondang Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: Think Pair and Share, hasil belajar, masalah yang berkaitan dengan pecahan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SD masih didominasi oleh aktivitas yang mana guru lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut akhirnya berdampak ada hasil belajar siswa yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan siswa kelas IV SDN Gondang tahun pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model konvensional dan media gambar? (2) Bagaimana kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan siswa kelas IV SDN Gondang tahun pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model think pair and share dan media gambar? (3) Adakah pengaruh model think pair and share terhadap kemampuan kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan siswa kelas IV SDN Gondang tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dengan design Postest-Only Control Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gondang. Sebelum melaksanakan penelitian, peneliti telah menyiapkan silabus dan RPP serta soal posttest yang digunakan untuk menentukan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan dengan menggunakan model konvensional dan media gambar rendah. Pernyataan ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa 67,78 dan hanya 7 siswa dari 18 siswa yang mendapat nilai ? 75. (2) Kemampuan siswa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan dengan menggunakan model think pair and share dan media gambar tinggi. Pernyataan ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa 85,1 dan ada 17 siswa dari 20 siswa yang mendapat nilai ? 75. (3) Dari hasil hitung uji t dapat dilihat bahwa thitung > ttabel(5%) (4,524 > 2,028), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model think pair and share terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan siswa kelas IV SDN Gondang tahun pelajaran2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI