PENGARUH MODEL TGT (TEAMS GAME TURNAMENT) DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL SEJARAH UANG SISWA KELAS III SDN 3 SIDOMULYO KECAMATAN PULE KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

LINA ERVIN SUTANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0192

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti bahwa untuk menciptakan peserta didik yang berkualitas dan berkarakter, pelaksanaan pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru, tetapi siswa diberi kesempatan berkomunikasi dan berinteraksi dengan temannya, sementara guru bertindak sebagai motivator dan fasilitator. Namun hal tersebut belum terlaksana. Pembelajaran di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar siswa menjadi rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut : (1) Apakah sebelum penggunaan model Teams Game Turnament (TGT) didukung media gambar kemampuan mengenal sejarah uang siswa kelas III SDN 3 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2014/2015 sudah mencapai KKM? (2) Apakah sesudah penggunaan model Teams Game Turnament (TGT) didukung media gambar kemampuan mengenal sejarah uang siswa kelas III SDN 3 Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2014/2015 sudah mencapai KKM? (3) Adakah pengaruh penggunaan model Teams Game Turnament (TGT) didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal sejarah uang siswa kelas III SDN 3 Sidomulyo Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan objek penelitian siswa kelas III SDN 3 Sidomulyo Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan desain pra eksperimen one group pretest postest dengan cara melakukan percobaan terhadap satu kelompok tanpa menggunakan kelompok pembanding, dan menggunakan instrumen berupa perangkat pembelajaran yang di dalamnya terdapat suatu tes. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengenal sejarah uang sebelum penggunaan model Teams Game Turnament (TGT) didukung media gambar belum mencapai KKM dengaan nilai rata-rata 54,61 dan ketuntasan klasikal 5,01%. (2) Kemampuan mengenal sejarah uang sesudah penggunaan model Teams Game Turnament (TGT) didukung media gambar berhasil mencapai KKM dengan nilai rata-rata 79,03 dan ketuntasan klasikal 75,04%. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan penggunaan model Teams Game Turnament (TGT) didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal sejarah uang,hasil uji t yang dilakukan diperoleh t-hitung 16,261 lebih besar dari pada harga t-tabel 1% (2,787). Kata Kunci: Model pembelajaran TGT, media gambar, mengenal sejarah uang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI