PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (GNT) TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA KEADAAN AWAN DAN CUACA UNTUK SISWA KELAS III SDN BRUMBUNG II TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

LIDYA KARTIKO PENI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0191

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kemampuan siswa kelas III SDN Brumbung I dalam menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca dengan metode pembelajaran konvensional (2) Kemampuan siswa kelas III SDN Brumbung II dalam menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca dengan strategi pembelajaran Guided Note Taking(3) Perbedaan hasil belajar setelah diterapkan strategi pembelajaran Guided Note Takingdibandingkan dengan setelah diterapkan metode pembelajaran konvensional (4) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan strategi pembelajaran Guided Note Taking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan pada siswa kelas III SDN Brumbung I dan SDN Brumbung II Kabupaten Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar pengamatan kemampuan guru, dan test berupa soal isian dan uraian. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa kelas III SDN Brumbung I masih rendah dengan diterapkan metode pembelajaran konvensional, dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswayang mencapai 54,7% (2) hasil belajar siswa kelas III SDN Brumbung II cukup baik dengan diterapkan strategi pembelajaran Guided Note Taking, dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai 95,6% (3) ada perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran Guided Note Takingdengan metode pembelajaran konvensional, dibuktikan dari hasil uji-t Independen testdiperoleh nilai t-hitung sebesar 3,975. Jika dibandingkan dengan t-tabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 1,980, maka t-hitung>t-tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Guided Note Takingterhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Brumbung II (4) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan strategi pembelajaran Guided Note Takingsudah baik, dilihat dari analisis secara keseluruhan selama 3 kali pertemuan. Langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking sudah dilaksanakan dengan baik mencapai 80%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI