ANALISIS FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PERMASALAHAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV SDN SLAHARWOTAN I KECAMATAN NGIMBANG KABUPATEN LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
LENNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0188
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa keterampilan membaca siswa masih mengalami beberapa permasalahan. Permasalahan membaca yang dialami siswa tentunya disebabkan oleh faktor penyebabnya. Akibatnya siswa memiliki pemahaman yang lemah ketika membaca suatu bacaan. Lemahnya pemahaman terhadap isi suatu bacaan pada akhirnya menjadikan hasil belajar siswa menjadi rendah juga.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana keterampilan membaca siswa? (2) Aspek permasalahan apa yang dialami siswa pada keterampilan membaca? (3) Apa saja fator yang melatarbelakangi masalah keterampilan membaca siswa?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Slaharwotan I. Penelitian menggunakan instrumen berupa angket minat baca, observasi, wawancara dengan guru, serta tes kecepatan membaca siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Keterampilan membaca siswa kelas dari segi kecepatan membaca pada tingkat sedang, sedangkan dari segi tingkat pemahaman pada tingkat rendah. (2) Aspek permasalahan yang dialami siswa yaitu minat membaca siswa rendah, kecepatan membaca siswa pada tingkat sedang, serta tingkat pemahaman siswarendah. (3) Faktor yang melatarbelakangi permasalahan keterampilan membaca siswa adalah minat membaca siswa rendah, teknik membaca siswa belum tepat, konsentrasi membaca siswa rendah, guru kurang variatif dalam menggunakan metode pemahaman membaca, fasilitas pengembangan keterampilan membaca kurang, serta lingkungan sekolah kurang kondusif.
Kata kunci: permasalahan keterampilan membaca