PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA VIDEO PADA KEGIATAN MENGENAL KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN MENCARI INFORMASI KERAGAMAN BUDAYA PADA SUBTEMA KERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU SISWA KELAS IV SDN GAYAM 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

LANA LUKITA DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0186

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran PPkn di Sekolah Dasar masih melakukan aktivitas klasikal dan berpusat pada guru.Akibatnya suasana kelas menjadi pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru belum maksimal.Permasalahan peneliti ini adalah (1)Bagaimana kemampuan berkomunikasi dan mencari informasi keragaman budaya siswa kelas IV SDN Gayam 3 pada kegiatan mengenal keragaman budaya Indonesia subtema keragaman budaya bangsaku sebelum menggunakan model Examples Non Examples dengan media video?(2) Bagaimana kemampuan berkomunikasi dan mencari informasi keragaman budaya siswa kelas IV SDN Gayam 3 pada kegiatan mengenal keragaman budaya Indonesia subtema keragaman budaya bangsaku sesudah menggunakan model Examples Non Examples dengan media video.(3)Apakah model Examples Non Examples dengan media video pada kegiatan mengenal keragaman budaya Indonesia subtema keragaman budaya bangsaku subtema keragaman budaya bangsaku dapat mempengaruhi kemampuan berkomunikasi dan mencari informasi keragaman budaya siswa kelas IV SDN Gayam 3 Kediri tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Gayam 3. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan hasil rata-rata pretest kelas (60.37) kurang dari nilai KKM (75) dan nilai rata-rata posttest kelas kelas IV (84,02) lebih dari nilai KKM (75). Dan statistik inferensial dengan taraf sig. (2 tailed) yaitu 0.000 memiliki df 40, maka didapat sig. (2 tailed) 0.000 < signifikansi 5%, artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran Examples non Examples dengan Media Video. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1)Sebelum menggunakan model Examples non Examples dengan media Video terhadap kemampuan berkomunikasi dan mencari informasi keragaman budaya dikategorikan nilai rendah.(2) Sesudah menggunakan model Examples non Examples dengan media Video terhadap kemampuan berkomunikasi dan mencari informasi keragaman budaya dikategorikan nilai tinggi.(3) Ada pengaruh sangat signifikan dalam penggunan model pembelajaran Examples non Examples dengan media video terhadap kemampuan berkomunikasi dan mencari informasi keragman budaya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI