PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRATION DAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA KEGIATAN MELAKUKAN PERCOBAAN TERHADAP HASIL BELAJAR FUNGSI BATANG TUMBUHAN SISWA KELAS IV SDN BURENGAN I TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

KRISTINA DIANINGSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0184

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar masih melakukan aktivitas klasikal dan berpusat pada guru. Akibatnya suasana kelas menjadi pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru belum maksimal. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar fungsi batang tumbuhan siswa kelas IV SDN Burengan I pada kegiatan melakukan percobaan tentang fungsi batang tumbuhan sebelum menggunakan model pembelajaran demonstration dan explicit instruction? (2) Bagaimana hasil belajar fungsi batang tumbuhan siswa kelas IV SDN Burengan I pada kegiatan melakukan percobaan tentang fungsi batang tumbuhan sesudah menggunakan model pembelajaran demonstration dan explicit instruction? (3) Apakah penerapan model pembelajaran demonstration dan explicit instruction pada kegiatan melakukan percobaan tentang fungsi batang tumbuhan berpengaruh terhadap hasil belajar fungsi batang tumbuhan siswa kelas IV SDN Burengan I? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Burengan I. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi, dan hasil belajar siswa (tes objektif). Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan hasil rata-rata pretest kelas (60.00) kurang dari nilai KKM (75) dan nilai rata-rata posttest kelas kelas IV (80.11) lebih dari nilai KKM (75). Dan statistik inferensial dengan taraf sig. (2 tailed) yaitu 0.000 memiliki df 45, maka didapat sig. (2 tailed) 0.000 < signifikansi 5%, artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran demonstration dan expilicit instruction terhadap hasil belajar fungsi batang tumbuhan siswa kelas IV SDN Burengan I Tahun Pelajaran 2014/2015. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil belajar fungsi batang tumbuhan siswa kelas IV SDN Burengan I sebelum menggunakan model pembelajaran demonstration dan expilicit instruction dikategorikan rendah. (2) Hasil belajar fungsi batang tumbuhan siswa kelas IV SDN Burengan I sebelum menggunakan model pembelajaran demonstration dan expilicit instruction dikategorikan dikategorikan tinggi. (3) Ada pengaruh sangat signifikan dalam penerapan model pembelajaran demonstration dan explicit instruction pada kegiatan melakukan percobaan tentang fungsi batang tumbuhan terhadap hasil belajar fungsi batang tumbuhan siswa kelas IV SDN Burengan I. Kata kunci : demonstration, expilicit instruction, dan hasil belajar fungsi batang tumbuhan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI