PENGARUH METODE TWO STAY-TWO STRAY DIDUKUNG MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUDUT-SUDUT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS 2 SDN TITIK KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2014-2015


Author (Penulis)

KLARA SARA KORA R.R.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0183

Abstract

ABSTRAK Klara Sara Kora RR. Pengaruh Metode Two Stay-Two Stray Didukung Media Video Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sudut-sudut Bangun Datar Pada Siswa Kelas 2 SDN Titik Kecamatan Semen Kabupaten Kediri Tahun 2014-2015, Skripsi, PGSD,FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Metode Two Stay-Two Stray Didukung Media Video, Mengidentifikasi Sudut-sudut Bangun Datar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar masih didominasi cara pembelajaran konvesional yaitu guru masih menggunakan metode ceramah dan latihan soal biasa tanpa inovasi pembelajaran sama sekali. Kondisi tersebut menjadikan minat belajar siswa rendah yang berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat digunakan yaitu metode Two Stay-Two Stray. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah metode TS-TS didukung media video berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sudut-sudut bangun datar pada siswa kelas 2 SDN Titik Kec. Semen Kab.Kediri ? (2) Apakah metode TS-TS didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sudut-sudut bangun datar pada siswa kelas 2 SDN Titik Kec.Semen Kab.Kediri ? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh metode pembelajaran TS-TS didukung media video dibanding dengan metode TS-TS didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sudut-sudut bangun datar pada siswa kelas 2 SDN Titik Kec.Semen Kab.Kediri ? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas 2 SDN Titik Kec.Semen Kab.Kediri yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas 2A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode Two Stay-Two Stray Didukung Media Video dan 2B sebagai kelas kontrol menggunakan metode Two Stay-Two Stray Didukung Media Visual dengan analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode Two Stay-Two Stray Didukung Media Video sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi sudut-sudut bangun datar, hal ini terbukti dari nilai thitung (3.509) > tt1% (2,921 ) dengan ketuntasan klasikal 88,95% . (2) Penggunaan metode Two Stay-Two Stray Didukung Media Visual tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi sudut-sudut bangun datar, hal ini terbukti dari nilai thitung (1.945) < tt5% (2,120) dengan ketuntasan klasikal 70,3%. (3) Terdapat perbedaan pengaruh metode pembelajaran Two Stay-Two Stray didukung media video dibanding dengan metode Two Stay-Two Stray didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sudut-sudut bangun datar pada siswa kelas 2 SDN Titik Kec.Semen Kab.Kediri, hal ini terbukti dari nilai thitung (2.870) > tt1% (2,750), dengan keunggulan pada penggunaan metode Two Stay-Two Stray Didukung Media Video, hal tersebut terbukti dari nilai rerata post-test pada penggunaan penggunaan metode Two Stay-Two Stray Didukung Media Video adalah 83,24 sedangkan nilai rerata post-test pada pengguanan metode Two Stay-Two Stray Didukung Media Visual adalah 72,94. Dengan demikian 83,24 > 72,94.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI