PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DIDUKUNG MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS DENGAN PILIHAN KATA YANG TEPAT PADA SISWA KELAS V SDN REMBANGKEPUH TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

Kiara Chlisty
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0182

Abstract

ABSTRAK KIARA CHLISTY : Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Didukung Media Lingkungan terghadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Pilihan Kata yang Tepat Siswa Kelas V SDN Rembangkepuh Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, kemampuan menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat kelas V SDN Rembangkepuh masih rendah. Hal ini dikarenakan guru belum menentukan strategi dan media yang tepat untuk materi menulis puisi bebas. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan strategi contextual teaching and learning dan medisa lingkungan agar tujuan pembelajarannya tercapai. Dengan demikian diambil tiga tujuan penelitian sebagai berikut : (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning didukung media Lingkungan; (2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning tanpa didukung media Lingkungan; dan (3) mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran dan media yang digunakan guru terhadap kemampuan menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian True Eksperimental Design dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Rembangkepuh Kab. Kediri yang berjumlah 50 siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes. Tes yang diberikan berupa tugas hasil karya dan diberikan kepada siswa kelas VA dan VB. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) siswa kelas V SDN Rembangkepuh mampu menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat dengan menggunakan strategi contextual teaching and learning didukung media lingkungan, dibuktikan dengan nilai rata-rata 84,9 > KKM (75); (2) siswa kelas V SDN Rembangkepuh belum mampu menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat dengan menggunakan strategi contextual teaching and learning tanpa didukung media lingkungan, dibuktikan dengan nilai rata-rata 71,9 < KKM (75); (3) ada pengaruh strategi contextual teaching and learning didukung media lingkungan terhadap kemampuan menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat siswa kelas V SDN Rembangkepuh, dibuktikan dengan hasil analisis data dengan uji-t dan diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel 5% 4,58>2,011 db 48. KATA KUNCI : strategi contextual teaching and learning, media lingkungan, kemampuan menulis puisi bebas

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI