PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG MEDIA REALITA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENISJENIS TANAH PADA SISWA KELAS V SDN REMBANGKEPUH KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

KHARISUN DHENOK AFIATIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0180

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa hasil belajar materi IPA pada siswa kelas V SDN Rembangkepuh yang cenderung rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran masih menggunakan model konvensional, yang ditandai oleh peran guru yang sangat dominan, sedangkan siswa cenderung pasif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest–Posttest Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Rembangkepuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan tes. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan: (1) Model Group Investigation didukung media realita berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Rembangkepuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri dengan ketuntasan mencapai ?75%. (2) Model Group Investigation didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Rembangkepuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri dengan ketuntasan mencapai <75%. (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara model Group Investigation didukung media realita dibanding model Group Investigation didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Rembangkepuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri dengan keunggulan pada Model Group Investigation didukung media realita. Kata kunci: model Group Investigation, media realita, media gambar, kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI