PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG MEDIA REALITA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENISJENIS TANAH PADA SISWA KELAS V SDN REMBANGKEPUH KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
KHARISUN DHENOK AFIATIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0180
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa hasil
belajar materi IPA pada siswa kelas V SDN Rembangkepuh yang cenderung rendah. Hal ini
disebabkan pembelajaran masih menggunakan model konvensional, yang ditandai oleh peran
guru yang sangat dominan, sedangkan siswa cenderung pasif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonrandomized
Control Group Pretest–Posttest Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,
dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Rembangkepuh Kecamatan Ngadiluwih
Kabupaten Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan tes.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan: (1) Model Group Investigation
didukung media realita berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi
jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Rembangkepuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten
Kediri dengan ketuntasan mencapai ?75%. (2) Model Group Investigation didukung media
gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis
tanah pada siswa kelas V SDN Rembangkepuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri
dengan ketuntasan mencapai <75%. (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan
antara model Group Investigation didukung media realita dibanding model Group
Investigation didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah
pada siswa kelas V SDN Rembangkepuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri dengan
keunggulan pada Model Group Investigation didukung media realita.
Kata kunci: model Group Investigation, media realita, media gambar, kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah