PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS ( ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION ) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MELAKUKAN OPERASI HITUNG CAMPURAN SISWA KELAS IV SDN CRAKEN 2 KABUPATEN TRENGGALEK


Author (Penulis)

JOKO SUSENO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0179

Abstract

ABSTRAK Joko Suseno: Penerapan Model Pembelajaran Arias ( Assurance, Relevance, Interest, Assessment, And Satisfaction ) Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV SDN Craken 2 Kabupaten Trenggalek Kata Kunci: Model Pembelajaran ARIAS, Operasi Hitung Campuran. Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran MATEMATIKA di SD masih didominasi oleh peran guru dalam menjelaskan materi. Akibatnya siswa menjadi pasif karena hanya mendengarkan dan hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami materi dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan model ARIAS. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan Model ARIAS. (3) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran ARIAS dengan pembelajaran Konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN Craken 2 dan SDN Ngulungkulon 2 Kabupaten Trenggalek. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar pengamatan kemampuan guru, lembar pengamatan siswa dan test berupa soal isian. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa kelas IV SDN Ngulungkulon 2 masih rendah dengan diterapkan metode pembelajaran konvensional, dapat dilihat dari ketuntasan nilai rata-rata dari kelas kontrol yaitu 42,06 sebanyak 9 siswa mendapat nilai diatas rata-rata dan 9 siswa mendapat nilai dibawah rata-rata. (2) Hasil belajar siswa kelas IV SDN Craken 2 sudah baik dengan diterapkan Model ARIAS, dapat dilihat dari ketuntasan nilai rata-rata dari kelas eksperimen yaitu 78,56 sebanyak 17 siswa mendapat nilai diatas rata-rata dan 10 siswa mendapat nilai dibawah rata-rata. (3) Ada perbedaan prestasi belajar siswa setelah diterapkan model ARIAS dengan metode konvensional. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisa data t hitung ditemukan sebesar 6.585, t tabel dengan taraf signifikan 5% adalah sebesar 2.016, disimpulkan t hitung > t tabel. artinya “ (Ho) ditolak, dan (H1) diterima. kesimpulannya ada perbedaan signifikan penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap kemampuan siswa dalam melakukan operasi hitung campuran siswa kelas IV SDN Craken 2 Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI