PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

JOHAN PUJI SANTOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0178

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mengidentifikasi sifat-sifat cahaya menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model group investigation. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Apakah penggunaan model pembelajaran group investigation didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Tamanan kota kediri? (2) Apakah penggunaan model pembelajaran group investigation didukung media nyata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Tamanan kota kediri? (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation didukung media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Tamanan kota kediri? Peneliti ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan jenis desain penelitian Quasi Experimental Desaign. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Tamanan Kec. Mojoroto Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model group investigation didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya, thitung (8,787) > ttabel (2,707) , (2) Penggunaan model group investigation didukung media nyata berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya, hal ini terbukti dengan tingginya harga thitung (9,760) > ttabel (2,707). (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan penggunaan model group investigation didukung media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya. Kata Kunci : group investigation, media nyata, mengidentifikasi sifat-sifat cahaya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI