PENGARUH MODEL TAKE AND GIVE DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN KARANGGANDU 2 KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
ISTRIARUM HIANTIKA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0176
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti di SDN Karanggandu 2 yang menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV pada semester 2 SDN Karanggandu 2 cenderung rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran IPA yang selama ini dilaksanakan berpusat pada guru. Guru mendominasi pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dan proses pembelajaran menjadi membosankan.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subyek penelitiannya siswa kelas IV SDN Karanggandu 2 Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol dengan penyampaian model konvensional didukung media gambar dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dengan model Take and Give didukung media gambar. Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan tes.
Berdasarkan hasil analis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model konvensional didukung media gambar sangat berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan terbukti dengan hasil th=14,000>tt=2,861 (1%) (dengan ketuntasan sebesar 62,5%); (2) Penggunaan model pembelajaran Take and Give didukung media gambar sangat berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan terbukti dengan hasil th=14,073>tt=2,846 (1%) (dengan ketuntasan sebesar 84,69%); (3) Ada perbedaan pengaruh antara model konvensional didukung media gambar dibanding model Take and Give didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan dengan hasil perhitungan th=2,492>tt=2,021 (5%) dengan keunggulan pada penggunaan model Take and Give didukung media gambar (X ? KK 76,000 < X ? KE 84,523).