PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RIIL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BENDA-BENDA YANG DIKENAL DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS II SDN KAMPUNGBARU 1 KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/ 2016


Author (Penulis)

ISNA LUTFI RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0175

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru. Hal ini menyebabkan siswa pasif hanya duduk mendengarkan penjelasan dari guru tanpa ikut serta dalam proses pembelajaran. Pembelajaran seperti ini membuat siswa kurang tertarik pada pelajaran dan siswa cenderung bosan. Sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal, serta tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas II SDN Kampungbaru 1 yakni kelas II-A sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 21 siswa dan kelas II-B sebagai kelompok kontrol berjumlah 20 siswa dengan total 41 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Berdasarkan analisis data kelas eksperimen dengan model CTL dengan menggunakan media rill diperoleh nilai rata-rata 85,43 dan kelas Kontrol dengan model konvensional diperoleh nilai rata-rata 79,60. Dari pengujian uji-t dengan independent sample t test diperoleh nilai sig. (2tailed) 0,022 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05 (0,022 < 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning dengan menggunakan media rill terhadap kemampuan mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya pada siswa kelas II SDN Kampungbaru 1 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri pada tahun ajaran 2015/ 2016. Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Media Rill, Kemampuan Mengidentifikasi Benda-Benda Yang Dikenal Dan Kegunaannya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI