PENGARUH METODE EKSPERIMEN PADA KEGIATAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER-SUMBER ENERGI ALTERNATIF DAN MANFAATNYA TERHADAP KEMAMPUAN MENGETAHUI SUMBER-SUMBER ENERGI ALTERNATIF SISWA KELAS IV SDN BANJARAN 1


Author (Penulis)

ISCA DEVI TRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0174

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru, yang monoton dengan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaranya, dan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, setelah itu diberikan soal yang ada di buku paket. Akibatnya pembelajaran tidak menarik dan membosankan. Hal tersebut nampak dari persentase ketuntasan siswa yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengetahui sumber-sumber energi alternatif dengan menggunakan metode ceramah? (2) Bagaimana kemampuan mengetahui sumber-sumber energi alternatif dengan menggunakan metode eksperimen? (3) adakah pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan mengetahui sumber-sumber energi alternatif? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan subjek penelitian kelas IV SDN Banjaran 1. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan teknik “Intact-Group Comparison” dimana hanya terdapat satu kelompok yang digunakan untuk peneltian tetapi di bagi dua, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa dan tes objektif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mengetahui sumber-sumber energi alternatif dengan menggunakan metode ceramah kurang memuaskan (2) kemampuan mengetahui sumber-sumber energi alternatif dengan menggunakan metode eksperimen sudah memuaskan (3) ada pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan mengetahui sumber-sumber energi alternatif. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, :tujuan pokok penggunaan metode eksperimen adalah agar siswa bisa terlatih dalam menggunakan logika berpikir induktif guna menarik kesimpulan dari fakta, informasi atau data yang terkumpul melalui percobaan. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung agar tercipta suasana yang menarik bagi siswa. Kata kunci: metode eksperimen, kemampuan mengetahui, sumber-sumber energi alternatif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI