PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN NGADIBOYO KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

IRMALIA NUR AZIZAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0173

Abstract

Abstrak Irmalia Nur Azizah : Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Mendiskripsikan Sifat-sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SDN Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : model pembelajaran kontekstual, kemampuan mendiskripsikan sifat-sifat cahaya Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti pada pembelajaran IPA yang masih monoton. Hal ini disebabkan masih banyak guru menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu guru hanya mengandalkan teori serta jarang melakukan kegiatan praktek sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran IPA harus dilaksanakan dengan model pembelajaran tertentu sesuai dengan karakteristik materi, kemampuan siswa serta melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran IPA seperti halnya praktek. Maka diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa, membuat siswa lebih aktif, sehingga siswa mampu menerima materi pelajaran yang guru sampaikan pada saat proses pembelajaran khususnya pada materi sifat-sifat cahaya. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan mendiskripsikan sifat-sifat cahaya. Penelitian ini dilakukan di SDN Ngadiboyo Nganjuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design yaitu dengan menggunakan pretest dan posttest. Subyek penelitian ini adalah 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa untuk kelompok kontrol dan 25 siswa untuk kelompok eksperimen dengan teknik sampel jenuh pada siswa kelas V SDN Ngadiboyo 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SDN Ngadiboyo 3 sebagai kelompok kontrol. Data yang digunakan dalam penelitian berupa angka, sehingga analisis data menggunakan analisis statistik uji t, nilai rata-rata dari hasil belajar posttest kelompok kontrol sebesar 76,60 dan kelompok eksperimen sebesar 85,20. Sedangkan uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t test, diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,01 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05 (0,01<0,05). Sehingga Ho ditolak Ha diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan mendiskripsikan sifat-sifat cahaya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI