PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN SIFAT BENDA PADA SISWA KELAS III SDN MENANG TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

INTAN WAHYU PRATIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0172

Abstract

ABSTRAK INTAN WAHYU PRATIWI : Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Sifat Benda Pada Siswa Kelas III SDN Menang, Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2015. Kata kunci : Pembelajaran Kontekstual, Ilmu Pengetahuan Alam, Perubahan Sifat Benda. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam, guru masih melakukan penjelasan dengan metode ceramah dan berdasarkan pada buku penunjang siswa, ini membuat siswa hanya bisa membayangkan perubahan benda tersebut tanpaa danya contoh. Siswa tidak diberi kesempatan untuk mempelajari atau menemukan sendiri sesuai dengan kemampuan siswa. Pastinya pembelajaran tersebut sangat kurang tepat karena membuat siswa bosan dan jenuh, di sini terkesan tidak adanya aktivitas dan kreatifitas siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan perubahan sifat benda dengan menggunakan pembelajaran tradisional pada siswa kelas III SDN Menang? (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan perubahan sifat benda dengan menggunakan pembelajaran kontekstual pada siswa kelas III SDN Menang? (3) Adakah pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan sifat benda pada siswa kelas III SDN Menang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif teknik eksperimen desain Posttest-Only Control Desaign, dengan subjek penelitian peserta didik kelas III SD Negeri Menang Kabupaten Kediri. Penelitian ini diberi sebuah perlakuan sebanyak dua kali untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan perubahan sifat benda. Proses analisis data menggunakan analisis uji t dua sampel berhubungan dan SPSS 20.0 For Windows. Jumlah sampel dalam penelitianini berjumlah 40 peserta didik. Kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perubahan sifat benda siswa kelas III SDN Menang Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015dengan menggunakan pembelajaran konvensional dinyatakan kurang menguasai. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan 35% nilai siswa masih kurang dari nilai KKM. Sedangkan kemampuaan siswa dalam mendeskripsikan perubahan sifat benda kelas III SDN Menang Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dinyatakan menguasai. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan 95% nilai siswa masih lebih dari nilai KKM. Hasil pengujian hipotesis dengan teknik uji t dengan bantuan SPSS 20.0 for Windows menunjukkan ada pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan sifat benda peserta didik kelas III SD Negeri Menang Kabupaten Kediri berdasarkan hasil perhitungan uji t dua sampel berhubungan diperoleh hasil nilai t hitung 5,781> t tabel 1,734 sehingga Ho ditolak, atau nilai sig (2 tailed) 0,000 < ? 0.05 maka Ho ditolak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI