PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA KEGIATAN BEREKSPLORASI DENGAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN MOJOROTO 3 TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

INTAN SUSETYO K W
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0171

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran Matematika di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal berpusat pada guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada hasil belajar siswa yang belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SDN Mojoroto 3 Tahun Ajaran 2014/2015 pada kegiatan bereksplorasi dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan sebelum dan setelah diterapkan model RME dan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model RME dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV SDN Mojoroto 3 Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Mojoroto 3. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi, dan hasil belajar siswa (tes tulis). Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji-t paired sample test. Hasil analisis yang dilakukan nilai signifikansi (2-tailed) (0.000 ) ? taraf nyata 5% (0.05) dan skor rata-rata kelas IV sebelum diterapkan model RME (15,89) dan setelah diterapkan model RME (20,63) mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ada pengaruh penerapan model pembelajaran realistic mathematic education (RME) pada kegiatan bereksplorasi dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan terhadap hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas IV SDN Mojoroto 3 Tahun Ajaran 2014/2015. Kata kunci : Model Realistic Mathematic Education (RME) dan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI