PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DIDUKUNG MEDIA NYATA DALAM KEGIATAN MENGENAL SUMBER DAYA ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN SUKORAME 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

INDRO DWI PURNOMO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0170

Abstract

ABSTRAK Indro Dwi Purnomo: Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Didukung Media Nyata Dalam Kegiatan Mengenal Sumber Daya Alam Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Jenis Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti ketika melaksanakan PPL 2 pada salah satu SD di Kota Kediri mengenai pengimplementasian kurikulum 2103 yang belum maksimal, sebagaimana yang terjadi di lapangan pengajaran masih menggunakan cara konvensional. Agar pengimplementasian kurikulum 2013 berjalan sesuai harapan, maka peneliti tergerak memberikan masukan guna membantu menyelesaikan hal tersebut dengan mengangkat salah satu kegiatan pembelajaran kelas 4 pada tema 9 dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual didukung media nyata. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Apakah model pembelajaran kontekstual didukung media nyata/real berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri?, (2) Apakah model pembelajaran kontekstual didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri?, (3) Apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran kontekstual didukung media nyata/real dibanding dengan model pembelajaran kontekstual didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu (Quasi Experiment Design) dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri yang terdiri dari 2 rombongan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa penelitian tes tertulis. Sedangkan teknik analisis data digunakan t-tes. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model pembelajaran kontekstual didukung media nyata/real berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis sumber daya alam, dengan ketuntasan di atas 75% (tepatnya 91%). (2) Penggunaan model pembelajaran kontekstual didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis sumber daya alam, dengan ketuntasan kurang dari 75% (tepatnya 58%). (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model pembelajaran kontekstual didukung media nyata/real dibanding dengan model pembelajaran kontekstual didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis sumber daya alam, dengan keunggulan pada penggunaan model pembelajaran kontekstual didukung media nyata/real. Kata kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Media Nyata, Kegiatan Mengenal Sumber Daya Alam, Kemampuan Mengidentifikasi Jenis Sumber Daya Alam.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-24

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI