PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN MEDIA BUSUR TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI JENIS DAN BESAR SUDUT SISWA KELAS III SDN NGULUNG WETAN I KECAMATAN MUNJUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK


Author (Penulis)

INDRA LESMANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0169

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di SDN Ngulung Wetan I, guru masih kurang memanfaatkan model dan media pembelajaran untuk mengajar siswa-siswanya. Mereka hanya menyuguhiguhi rumus saja tanpa mengajarkan bagaimana konsep mendapatkan cara mengidentifikasi berbagai jenis dan besar sudut. Hal ini dikarenakan tuntutan menghabiskan materi yang sangat padat berdasarkan kurikulum, sehingga siswa hanya menghapal rumus dan mudah melupakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model CIRC dan media busur pada materi mengidentifikasi jenis dan besar sudut dan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan model CIRC (Cooprative Intergrated Reading And Composition) media busur terhadap kemampuan, hasil belajar dan penanaman konsep mengidentifikasi besar dan jenis sudut siswa kelas III SDN I Ngulung Wetan Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek, 2015. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ngulung Wetan I Kelas III dan sampel diambil 21 siswa dari kelas III sebagai siswa kelas eksperimen dan control. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan (silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)) instrumen pengukuran hasil belajar (soal individu). Berdasarkan rumusan masalah dan hasil dari pegujian hipotesis yang telah dianalisis tersebut dapat disimpulkan bahwa: Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan model CIRC (Cooprative Intergrated Reading And Composition) dan media busur pada materi mengidentifikasi besar dan jenis sudut dan Ada pengaruh model CIRC (Cooprative Intergrated Reading And Composition)dan media busur terhadap hasil belajar dan kemampuan dalam mengidentifikasi besar dan jenis sudut siswa kelas III SDN Ngulung Wetan I tahun pelajaran 2014 / 2015. Berdasarkan nilai yang diperoleh siswa dari uji pree test dan post test nilai rata-ratanya yaitu 54,7 dan 86,6 dari 21 siswa. Sehingga ada pengaruh model CIRC (Cooprative Intergrated Reading And Composition) dan media busur terhadap hasil dan kemampuan belajar konsep mengidentifikasi besar dan jenis sudut siswa kelas III SDN Ngulung Wetan I tahun pelajaran 2015 / 2016. Kata kunci: model pembelajaran CIRC, media busur, kemampuan mengidentifikasi, jenis dan besar sudut.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI