PENGARUH MODEL KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBERIKAN TANGGAPAN DAN SARAN PADA SISWA KELAS III SDN KLURAHAN 4 KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

IMRO'ATUL LATIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0167

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi berpusat pada guru yang aktif. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru yang belum maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan memberikan tanggapan dan saran sederhana tanpa menggunakan model kontekstual pada siswa kelas III SDN Klurahan 4 Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015-2016? (2) Bagaimanakah kemampuan memberikan tanggapan dan saran sederhana dengan menggunakan model kontekstual pada siswa kelas III SDN Klurahan 4 Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015-2016? (3) Adakah pengaruh model kontekstual terhadap kemampuan memberikan tanggapan dan saran sederhana pada siswa kelas III SDN Klurahan 4 Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015-2016? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pre Experimental Design tipe Static-Group Comparison (kelompok berbanding) sehingga terdapat dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Klurahan 4 Kabuaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data berupa tes dan istrumennya berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5 %. Hasil analisis yang dilakukan nilai thitung (4,64) > ttabel ( 2,021 ) dan nilai rata-rata kelas III A tanpa menggunakan model kontekstual (65,88) kurang dari nilai KKM (75) dan nilai kelas III B dengan menggunakan model kontekstual (79,70) lebih dari nilai KKM (75). Artinya ada pengaruh penggunaan medel kontekstual terhadap kemampuan memberikan tanggapan dan saran sederhana siswa kelas III SDN Klurahan 4 Kabupaten Nganjuk Ajaran 2015-2016. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan memberikan tanggapan dan saran sederhana tanpa menggunakan model kontekstual siswa kelas III SDN Klurahan 4 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015-2016 dikategorikan sedang. (2) Kemampuan memberikan tanggapan dan saran sederhana menggunakan model kontekstual siswa kelas III SDN Klurahan 4 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015-2016 dikategorikan tinggi. (3) Ada pengaruh sangat signifikan penggunaan model kontekstual terhadap kemampuan memberikan tanggapan dan saran sederhana siswa kelas III SDN Klurahan 4 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015-2016. Kata kunci : Model Kontekstual, Kemampuan Memberikan Tanggapan dan Saran

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI