PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL AUDITORY KINESTETIK (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT RELIEF DARI BAHAN PLASTIS DENGAN POLA MOTIF HIAS SISWA KELAS IV SDN 1 POJOK KECAMATAN NGANTRU


Author (Penulis)

IMA YUDHA APRIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0166

Abstract

ABSTRAK Ima Yudha Aprianto: Pengaruh gaya belajar visual auditory kinestetik (VAK) terhadap kemampuan membuat relief dari bahan plastis dengan pola motif hias Terhadap Hasil Belajar Psikomotor Siswa Kelas IV siswa SDN 1 pojok kecamatan ngantru Tahun Ajaran 2014.2015, Skripsi, PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri 2015. Kata Kunci: Pengaruh, Gaya belajar visual auditory kinestetik (VAK), Hasil Belajar Psikomotor, Kemampuan membuat, relief dari bahan plastis dengan pola motif hias. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran SBK kelas IV SDN 1 POJOK dengan menggunakan metode gaya belajar visual auditory kinestetik (VAK) dalam kemampuan membuat relief dari bahan plastis dengan pola motif hias. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, prosedur penelitian yang digunakan adalah menggunakan instrumen berupa RPP dan memberikan tes berupa kegiatan praktek. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan metode gaya belajar visual auditory kinestetik (VAK) dalam proses pembelajaran SBK kelas IV SDN 1 POJOK dapat meningkatkan dan memaksimalkan aktivitas, kemampuan serta kreatifitas siswa pada sebuah materi menurut gaya belajarnya dan mempermudah guru dalam mengambil tindakan kelas. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Untuk kelas kontrol dari 25 siswa, diperoleh nilai rata-rata 65 dan 70. Siswa yang mendapat nilai diatas rata-rata sebanyak 10 siswa, sedangkan 15 siswa lainnya memperoleh nilai dibawah rata-rata. Dan setelah diberikan metode pengelompokan menurut gaya belajarnya dari 25 siswa, diperoleh nilai rata-rata 70,90, siswa yang mendapat nilai diatas rata-rata sebanyak 20 siswa, sedangkan sisanya memperoleh nilai dibawah rata-rata. Kesimpulan dan saran meliputi, (1) hasil akhir dari penelitian dan pengaruh metode gaya belajar visual auditory kinestetik (VAK) dengan tujuan mempermudah dan memfokuskan kreatif, keaktifan dan ketidak bosanan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran harus pandai-pandai menyiasati suatu pembelajaran dengan memberikan materi dan perlakuan yang tepat pada siswa dalam proses pembelajaran dan materi yang cocok sesuai dengan kecenderungan gaya belajar siswa masing-masing. (2) Agar para guru dalam mengajar selalu melihat gaya belajar siswa dan menggunakan metode pembelajaran khususnya visual auditory kinestetik (VAK) supaya kegiatan pembelajaran dapat terlaksana secara efektif, aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI