PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN BARENG KABUPATEN NGANJUK
Author (Penulis)
IKE ANDREASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0164
Abstract
ABSTRAK
IKE ANDREASARI : Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Bareng 1, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Kata kunci : kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Bareng 1 masih kurang. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya masih bersifat monoton, guru melaksanakan proses pembelajaran dengan ceramah, artinya pembelajaran berpusat pada guru dan siswa hanya dituntut untuk mendengarkan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) agar tujuan pembelajarannya dapat tercapai secara maksimal.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya tanpa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas V SDN Bareng 3? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas V SDN Bareng 1? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Bareng 1?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Posttest-Only Control Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Bareng 1 dan siswa kelas V SDN Bareng 3. Teknik pengumpulan data berupa tes dan instrumennya tes tertulis berupa soal pilihan ganda.
Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan nilai thitung (7,604) > ttabel (2,011) dan nilai rata-rata kelas V SDN Bareng 3 tanpa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) (57,1) < KKM (70) dan nilai rata-rata kelas V SDN Bareng 1 dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) (82,04) > KKM (70). Artinya ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Bareng 1.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh sangat signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Bareng 1.