PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DIDUKUNG MEDIA REALITA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MANFAAT ENERGI PANAS PADA SISWA KELAS IV SDN TAMANAN KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

IKA NOOR DIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0163

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa kelas IV SDN Tamanan mengalami kesulitan pada materi mengidentifikasi manfaat energy panas. Dikarenakan model yang digunakan dalam pembelajaran kurang sesuai.Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model dan media pembelajaran yang menarik. Salah satu model yang akan diuji cobakan adalah model Teams Games Tournament didukung media nyata agar tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Control Group Pretest-Posttest Design. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tamanan Kecamatan Mojoroto Kabupaten Kediri. Dapat disimpulkan(1) Penggunaan Model Teams Games Tournament didukung Media Realita berpengaruh terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Manfaat Energi Panas Pada Siswa Kelas IV SDN Tamanan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, dengan ketuntasan klasikal mencapai ? 75%.(2) Penggunaan Model Teams Games Tournament didukung Media gambar berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Manfaat Energi Panas Pada Siswa Kelas IV SDN Tamanan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, dengan ketuntasan klasikal mencapai < 75%. (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model Teams Games Tournament didukung media nyata dibanding model Teams Games Tournament didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi manfaat energy panas pada siswa kelas IV SDN Tamanan Kota Kediri dengan keunggulan pada penggunaan model Teams Games Tournaments (TGT) didukung media realita/benda nyata. Dengan perbandingan nilai rerata kelompok eksperimen 87,4 > nilai rerata kelompok kontrol 75,6 yang didukung dengan tingkat ketuntasan kelompok eksperimen 89,2% > tingkat ketuntasan kelompok kontrol 60%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI