PENGARUH PENERAPAN MODEL SCRAMBLE DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KEKHASAN BANGSA INDONESIA, SEPERTI KEKBINEKAAN, KEKAYAAN ALAM DAN KERAMAHTAMAHAN SISWA KELAS III SDN 1 MUNJUNGAN TRENGGALEK


Author (Penulis)

IKA EMYLIA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0162

Abstract

ABSTRAK Ika Emylia Sari : Pengaruh Penerapan model scramble dengan Media Visual pada kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kekbinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan Skripsi, Jurusan S1 PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri 2016. Pembimbing: (1) Agus Widodo, S.Pd,M,Pd (II) Wahid Ibnu Zaman, S.pd, M.Pd. Kata Kunci :. Kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia, Model scramble, Media visual. Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi saya dan setelah melakukan wawancara dengan guru. Pengunaan model ceramah dan berpusat pada guru. pada saat menyampaikan materi KewargaNegaraan yang dilakukan oleh guru selama ini membuat siswa merasa jenuh, bosan serta enggan untuk mengikuti pelajaran. Pemahaman siswa terhadap materi tersebut juga sangat rendah, terbukti pada saat guru memberikan soal kepada siswa banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekeayaan alam, keramahtamahan sebelum menggunakan Model Scramble dengan Media Visual”? (2) Bagaimana kemampuan siswa mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan setelah menerapkan model scramble dengan media visual”?, dan (3) Adakah peningkatan kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan terhadap penerapan model scramble dengan media visual?. Model Srcamble memungkinkan siswa untuk saling memecahkan eksperimen guna jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan Penelitian Eksperimen dengan desain Pre Experimental Design : One Grup Pretest-Posttest, dengan subjek penelitian 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode statistik dengan menggunakan uji t-test. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata pre test adalah 47,6 dan rata-rata post test adalah 81,6. Dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung sebesar 20,78 . Jika dikonsultasikan kepada t tabel N-1= 20-1 = 19 dengan signifikan 5% didapatkan nilai t tabel 1,72. Dengan demikian, nilai t hitung > nilai t tabel hal ini berarti terdapat Pengaruh penerapan model scramble dengan media visual pada kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan pada siswa kelas III SDN 1 Munjungan Trenggalek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamah sebelum menerapkan model scramble dengan media visual masih kurang, (2) Kemampuan mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan setelah menerapkan model scramble dengan media visual sudah baik, dan (3) Ada pengaruh model scramble dengan media visual terhadap kemampuan mengenal makna kekhasan bangsa Indonesia, seperti kekayaan alam, keramahtamahan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI