PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SUBTEMA MACAM-MACAM SUMBER ENERGI TERHADAP PENGUASAAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS IV SDN BALOWERTI 1 TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

IKA ASFIATU ROHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0161

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliatian, bahwa pembelajaran IPA khususnya pada materi sifat-sifat cahaya, penguasaan sifat-sifat cahaya siswa kelas IV SDN Balowerti 1 tergolong rendah. Setelah guru memberikan evaluasi terhadap materi berupa tes tulis, kurang dari setengah siswa yang mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau <75. Hanya 40% siswa dalam kelas yang mencapai KKM, sedangkan sisanya mendapat nilai di bawah KKM. Hal tersebut disebabkan karena pada saat pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga proses pembelajaran kurang bermakana dan membuat siswa bosan. Di samping itu, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang tepat dengan materi ajar sehingga membuat aktivitas siswa monoton. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penguasaan sifat-sifat cahaya sebelum menggunakan model group investigation dengan media tiga dimensi pada subtema macam-macam sumber energi siswa kelas IV SDN Balowerti 1 Tahun Ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana penguasaan sifat-sifat cahaya setelah menggunakan model group investigation dengan media tiga dimensi pada subtema macam-macam sumber energi siswa kelas IV SDN Balowerti 1 Tahun Ajaran 2014/2015? (3) Adakah pengaruh model group investigation dengan media tiga dimensi terhadap penguasaan sifat-sifat cahaya pada subtema macam-macam sumber energi siswa kelas IV SDN Balowerti 1 Tahun Ajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen khususnya Pre-Experimental Design jenis One Group Pre-test Post-test. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Balowerti 1. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial menggunakan uji-t. Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Penguasaan sifat-sifat cahaya siswa kelas IV SDN Balowerti 1 Tahun Ajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model group investigation dengan media tiga dimensi dinyatakan kurang menguasai. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-ratanya 70,13, kurang dari 50% siswa yang mencapai standar KKM (75) yaitu sebanyak 17 dari 37 siswa. (2) Penguasaan sifat-sifat cahaya siswa kelas IV SDN Balowerti 1 Tahun Ajaran 2014/2015 setelah menggunakan model group investigation dengan media tiga dimensi dinyatakan menguasai. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-ratanya 81,35, lebih dari 75% siswa yang mencapai standar KKM (75) yaitu sebanyak 29 dari 37 siswa. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model group investigation dengan media tiga dimensi terhadap penguasaan sifat-sifat cahaya siswa kelas IV SDN Balowerti 1 Tahun Ajaran 2014/2015. Hal tersebut berdasarkan perolehan thitung sebesar 6,62 dan ttabel db 36 sebesar 2,02.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-28

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI