PENGARUH MODEL TWO-STAY TWO-STRAY DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM KEGIATAN MENJELASKAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP PENGETAHUAN MENGIDENTIFIKASI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS IV SDN TALUN KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

IIN NURSEPTA TRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0160

Abstract

Abstrak IIN NURSEPTA TRIANA: Pengaruh Model Two-Stay Two-Stray dengan Media Gambar dalam Kegiatan Menjelaskan Perkembangan Teknologi terhadap Pengetahuan Mengidentifikasi Perkembangan Teknologi Kelas 1V SDN Talun Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : TSTS, Media Gambar, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar. Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan hasil belajar di lapangan yang tidak sesuai dengan harapan. Masalah tersebut kemungkinan disebabkan karena dari siswa itu sendiri yang kurang tertarik dengan pembelajaran IPS, Model pembelajaran guru yang kurang menarik bagi siswa, dan keadaan sosial ekonomi orang tua. Pembelajaran disekolah bertujuan agar siswa dapat memperoleh kemampuan berfikir logis dan sistematis untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah yaitu sebagai berikut : 1. Bagaimana pengetahuan siswa mengidentifikasi perkembangan teknologi sebelum menggunakan model two-stay two-stray dengan media gambar pada kelas IV SDN Talun? 2. Bagaimana pengetahuan siswa mengidentifikasi perkembangan teknologi sesudah menggunakan model two-stay two-stray dengan media gambar pada kelas IV SDN Talun? 3. Adakah pengaruh model two-stay two-stray dengan media gambar dalam kegiatan perkembangan teknologi terhadap pengetahuan mengidentifikasi perkembangan teknologi pada kelas IV SDN Talun? Hipotesis yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah “Pengetahuan siswa mengidentifikasi perkembangan teknologi sebelum menggunakan model two-stay two-stray dengan media gambar pada kelas IV SDN Talun rendah. Model two-stay two-stray dengan media gambar diduga memiliki pengaruh terhadap kegiatan perkembangan teknologi terhadap pengetahuan mengidentifikasi perkembangan teknologi pada kelas IV SDN Talun”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan design Pre-Experimental Designs (Pre-test and Post-test Group), metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji t independent untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran. Sebelum dilakukan uji- t tersebut maka dilakukan uji prasarat yakni uji normalitas. Dari analisis data, diperoleh rata-rata skor tes siswa yang menggunakan model TSTS dengan media gambar = 79,375 dan rata-rata skor tes siswa sebelum menggunakan model TSTS = 49,6875 dengan ?= 0,05 dan dk = 62. Dengan menggunakan rumus t independent diperoleh thitung = 9,406 diperoleh ttabel = 1,99897 karena thitung>ttabel maka dapat disimpulkan bahwa pengetahuan mengidentifikasi perkembangan teknologi siswa lebih meningkat dibandingkan sebelum menggunakan model two stay two stray dengan media gambar dan ada pengaruh model two stay two stray dengan media gambar dalam kegiatan perkembangan teknologi terhadap pengetahuan mengidentifikasi perkembangan teknologi pada kelas IV SDN Talun Tahun Ajaran 2014/2015. Oleh sebab itu sebaiknya guru menerapkan pembelajaran Two stay two stray dengan media gambar, dan guru lebih memperbanyak memberikan masalah-masalah atau contoh-contoh sehingga siswa lebih sering bertukar informasi dengan siswa yang lain.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI